Yayasan Pendidikan Astra Bangun Sekolah Eskalator di Kupang

Yayasan Pendidikan Astra milik PT. Astra International Tbk bekerjasama dengan Surya Institut milik Prof. Dr. Yohanes Surya membangun Sekolah Eskalator

Yayasan Pendidikan Astra Bangun Sekolah Eskalator di Kupang
POS KUPANG/JULIANUS AKOIT
Tampak Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, pendiri Surya Institut, Prof. Dr. Yohanes Surya dan Kristianto dari Yayasan Pendidikan Astra di hadapan para pejabat berbicara tentang komitmen memajukan pendidikan dan SDM rakyat Kabupaten Kupang di ruang Rapat Bupati Kupang, Selasa (7/2/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

POS-KUPANG.COM, OELAMASI -- Yayasan Pendidikan Astra milik PT. Astra International Tbk bekerjasama dengan Surya Institut milik Prof. Dr. Yohanes Surya membangun Sekolah Eskalator (sekolah unggul) di Kecamatan Takari dan Kecamatan Amarasi Selatan.

"Nanti akan kami bangun Sekolah Eskalator atau Sekolah Berkelanjutan. Orang bilang sekolah unggul. Mulai dari PAUD/TK, SD, SMP hingga SMK. Rencananya di Takari dan Amarasi
Selatan," jelas Kristianto dari Yayasan Pendidikan Astra, saat mempresentasikan program kerja di hadapan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, di Kantor Bupati Kupang, Selasa (7/2/2017).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten, Drs. Hendrikus Paut, M.Pd, Kadis PPO Kabupaten Kupang, Imanuel M.E. Buan, Kepala Bappeda Kabupaten Kupang, Ny. Dra. Rima Salean serta pejabat terkait,

Rentang waktu yang dibutuhkan untuk menyukseskan program Sekolah Eskalator, kata Kristianto, adalah 5 tahun sampai 8 tahun.

"Programnya mulai dari diklat guru untuk kualitas mengajar, pembaruan metode mengajar, pengenalan kurikulum, sarana dan prasarana, membangun semangat juang atau etos belajar (rasa percaya diri), penghargaan kepada waktu dan disiplin kerja. Termasuk mengembangkan literasi dan budaya yang hidup di sekitar sekolah," jelas Kristianto.

Sejumlah program itu, kata Kristianto, jika ada sinergisitas dan kolaborasi dengan Pemkab Kupang, Surya Institut, Komite Sekolah dan tokoh adat ditambah tim dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Selain mendapat pembelajaran matematika menggunakan metode gasing, para guru dan siswa akan dibekali tentang upaya membangun karakter dan etos kerja/belajar juga tentang pedagogik dan sebagainya.

Programnya, kata Kristianto sudah mulai dari bulan Agustus 2016 lalu. Dan akan dilanjutkan sampai minimal 5 tahun.

"Sasarannya program akan menjangkau 136 guru 1.603 siswa pada 10 SD, 4 SMP dan 2 SMK di Kecamatan Takari dan Kecamatan Amarasi Selatan," jelas Kristianto.

Sementara itu Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, dalam arahannya meminta Yayasan Pendidikan Astra agar menggenjot semangat murid untuk belajar berkebun.

"Pemkab Kupang punya program 3K, yaitu kebun sekolah, kantin sekolah dan koperasi sekolah. Saya minta agar program ini juga diperhatikan dalam pengembangan sekolah eskalator atau sekolah unggul," pinta Titu Eki. *

Penulis: Julius Akoit
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved