3 Hal Sederhana Yang Bikin Kulit Kamu Sehat dan Lembap

Dehidrasi kulit ini dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, pecah-pecah, terasa gatal, keriput, kusam, bahkan penuaan dini.

3 Hal Sederhana Yang Bikin Kulit Kamu Sehat dan Lembap
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Memiliki kulit yang sehat dan lembap merupakan impian semua wanita. Tapi tanpa disadari banyak hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari dapat mengakibatkan kulit mengalami dehidrasi.

Dehidrasi kulit ini dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, pecah-pecah, terasa gatal, keriput, kusam, bahkan penuaan dini.

Banyak orang berpikir bahwa dehidrasi kulit hanya dapat terjadi pada tipe kulit kering saja, namun sebenarnya apapun tipe kulit kamu, baik itu berminyak, kering, normal, atau kombinasi, dapat  mengalami dehidrasi kulit.

Dehidrasi kulit mengacu pada berapa banyak kadar air dalam kulit, sedangkan jenis kulit berminyak atau kering mengacu pada kadar minyak atau sebum dalam kulit.

Dehidrasi kulit dapat terjadi bila kadar air pada lapisan terluar kulit kurang dari 10 persen. Sementara dalam kondisi normal, kadar air pada lapisan terluar kulit mencapai 30 persen.

Sebenarnya kulit dapat mempertahankan kadar airnya sendiri dengan menjaga pelembap alami pada kulit yang disebut Natural Moisturizing Factor (NMF) yang terdapat pada lapisan kulit terluar atau disebut stratum corneum. Namun NMF tersebut dapat berkurang karena aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah dehidrasi kulit, berikut 3 cara sederhana yang bisa bikin kulit kamu tetap sehat dan lembap.

1. Hindari mandi dengan air panas

Terlalu lama mandi air panas bisa membuat kamu kehilangan faktor pelembap alami pada kulit atau yang biasa disebut Natural Moisturizing Factor  (NMF). Padahal NMF ini bertugas menangkap dan mengikat air di kulit agar lapisan terluar kulit (yang disebut stratum corneum) dapat mempertahankan kelembapannya. Apabila NMF tersebut hilang, kulit akan rentan mengalami dehidrasi.

2. Jangan terlalu lama di ruangan ber-AC

Berada di ruangan ber-AC ternyata merupakan salah satu penyebab kulit mengalami dehidrasi. Hal tersebut disebabkan rendahnya kelembapan udara di ruang ber-AC, yaitu berkisar antara 30– 60 persen. Sedangkan kelembapan udara di Indonesia, menurut BMKG, antara 55-100 persen. Sehingga, terlalu lama berada di ruangan ber-AC menyebabkan kandungan air pada kulit  berkurang lebih cepat dan kulit akan mengalami dehidrasi.

3. Konsumsi minuman yang mengandung elektrolit

Kulit tidak hanya membutuhkan air saja, namun juga dibutuhkan elektrolit. Elektrolit sangat penting dalam pembentukan NMF, karena 31 persen dari NMF adalah elektrolit.

Agar  kulit tetap terhidrasi, konsumsilah minuman yang mengandung elektrolit seperti IONESSENCE dari Pocari Sweat.

IONESSENCE dari Pocari Sweat merupakan minuman elektrolit rendah kalori yang dibutuhkan dalam proses produksi NMF sehingga bisa menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi kulit. Untuk informasi lebih lanjut mengenai IONESSENCE dan dehidrasi kulit, klik https://ionessence.co.id/.

Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved