Pemkot Kembangkan Kawasan Pantai Oesapa jadi Kampung Nelayan

Bahkan, wilayah Kampung Nelayan Oesapa membentang dari jalan masuk di dekat pertigaan Oesapa sampai ke perbatasan dengan pantai Batu Nona.

Pemkot Kembangkan Kawasan Pantai Oesapa jadi Kampung Nelayan
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Gapura Kampung Nelayan Oesapa Kota Kupang sedang dikerjakan tukang; Sabtu (5/2/2017) siang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Pemerintah Kota Kupang menetapkan wilayah Pasar Oesapa dan sekitarnya sebagai kampung nelayan Oesapa.

Bahkan, wilayah Kampung Nelayan Oesapa membentang dari jalan masuk di dekat pertigaan Oesapa sampai ke perbatasan dengan pantai Batu Nona.

Tepat di cabang jalan masuk arah pasar Oesapa dengan Jalan Timor Raya dekat pertigaan jalan Timor Raya dan Jalan Adi Sucipto, kini dibangun gapura bertuliskan Kampung Nelayan Oesapa. Dengan demikian, pasar Oesapa dan pantai Oesapa menjadi bagian dari kampung nelayan Oespa.

Yeremias Mboli, salah satu warga kampung nelayan Oesapa yang ditemui di Pantai Oespa, Jumat (3/2/2017) siang, mengatakan, kampung nelayan Oeapa ditetapkan pemerintah sejak tahun 2015. Sudah banyak bantuan diberikan pemerintah Kota Kupang bagi warga setempat.

Dikatakan Yeremias, ada kelompok nelayan yang sudah mendapat bantuan perahu, ada juga yang mendapat bantuan pukat. Namun, bantuan yang diberikan masih belum cukup karena perahu terlalu kecil.

"Perahu terlalu kecil jadi hasil tangkapan sedikit. Pukat juga pukat kecil. Belum sesuai dengan kebutuhan nelayan," kata Yeremias.

Meski demikian, warga tetap berterima kasih kepada pemerintah atas perhatian yang diberikan. Apalagi, pantai Oesapa juga telah dijadikan pantai wisata sehingga warga bisa berjualan jagung bakar dan gorengan di kawasan pantai tersebut.

"Setiap hari banyak pengunjung yang datang ke pantai Oesapa. Lumayan juga kalau berjualan di pantai ini," kata Yeremias.
Dua pengunjung pantai Oesapa, Johan Pisa dan Puspa Kartika, ketika dimintai komentar mereka, mengaku senang bisa duduk menikmati pemandangan di pantai Oesapa.

"Pemandangan di Pantai Oesapa juga menarik. pantai ini memang harus terus dikembangkan," kata Johan.*

Penulis: maksi_marho
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved