Roy Suryo : Debat Cagub Sebabkan Elektabilitas Agus-Sylvi Turun

Menurut dia, debat cagub-cawagub menjadi penyebab turunnya elektabilitas Agus-Sylvi turun.

Roy Suryo : Debat Cagub Sebabkan Elektabilitas Agus-Sylvi Turun
KOMPAS/RIZA FATHONI
Menpora Roy Suryo. 

POS KUPANG.COM -- Tim pemenangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Roy Suryo, memahami bila elektabilitas Agus-Sylvi disebut turun.

Menurut dia, debat cagub-cawagub menjadi penyebab turunnya elektabilitas Agus-Sylvi turun.

"Kesimpulan yang kami ambil, justru survei ini sangat berguna bagi kami untuk mengetahui bahwa debat sangat penting bagi masyarakat. Kenapa (elektabilitas) Agus-Sylvi turun, itu karena debat," ujar Roy dalam pemaparan survei Poltracking Indonesia di Menteng, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Roy mengatakan, pasangan Agus-Sylvi akan terus belajar untuk bisa menjadi lebih baik dalam debat selanjutnya. Menurut Roy, penampilan Agus-Sylvi pada debat kedua juga sudah lebih baik daripada debat pertama.

"Meskipun ada 'kecelakaan' dari Mpok Sylvi, ya kami akui," ujar Roy.

Kecelakaan yang dimaksud Roy adalah terkait Sylviana yang bertanya hingga melewati batas waktu yang diberikan moderator. Roy berterima kasih pasangan calon lain tidak memanfaatkan kesalahan itu untuk menyerang Agus-Sylvi.

"Meski meme-nya jadi banyak, ada film La La Land, he-he," ujar Roy.

Poltracking Indonesia melakukan survei terhadap penilaian performa cagub dan cawagub pada debat pertama. Agus-Sylvi memiliki penilaian performa paling rendah, yaitu 18,38 persen, Anies-Sandi mendapat 26,25 persen, dan Ahok-Djarot mendapat 28,63 persen.

Sementara itu, sebanyak 26,74 persen responden menjawab tidak tahu.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha mengatakan, pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mengalami tren penurunan elektabilitas.

"Elektabilitas Agus-Sylvi mengalami penurunan cukup signifikan, yaitu 4,50 persen," ujar Hanta.

Pada survei Poltracking periode 9-13 Januari 2017, elektabilitas Agus-Sylvi adalah 30,25 persen. Pada survei kali ini, elektabilitas Agus-Sylvi menjadi 25,75 persen. Adapun survei Poltracking ini dilakukan pada 24-29 Januari 2017.

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni adalah 25,75 persen, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat sebesar 30,13 persen, dan elektabilitas Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 31,50 persen.

Sementara itu, sebanyak 12,62 persen responden menjawab tidak tahu.

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dan melibatkan 800 responden. Tingkat margin of error lebih kurang 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved