Tahun 2017 ini, Undana Terima 4.680 Mahasisa Baru, Masuk Fakultas Kedokteran Rp 100 Juta

Rektor Universitas Nusa Cendana, Prof. Dr Fred Benu mengatakan pada tahun 2017 ini, Undana akan menerima sebanyak 4.680 mahasiswa baru.

Tahun 2017 ini, Undana Terima 4.680 Mahasisa Baru, Masuk Fakultas Kedokteran Rp 100 Juta
Net
Gedung Pusat Undana 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Rektor Universitas Nusa Cendana, Prof. Dr Fred Benu mengatakan pada tahun 2017 ini, Undana akan menerima sebanyak 4.680 mahasiswa baru.

Kepada para Kepala SMA/SMK/MA/MAK se-Kota Kupang dan Kabupaten Kupang di aula lantai tiga Gedung Rektorat, Senin (23/1/2017) siang, ia menjelaskan jumlah tersebut, masih disesuaikan lagi dengan pertimbangan pimpinan fakultas melalui rapat.

Pasalnya, kuota penerimaan mahasiswa baru akan disesuaikan dengan rasio mahasiswa dan dosen, ruang kelas dan staf kependidikan.

Menanggapi beberapa masukan peserta terkait dengan kuota per sekolah, katanya, tetap berdasarkan hasil tes.

Namun, umumnya sekolah-sekolah dengan akreditasi A akan mendapat jatah siswa 50 persen, akreditasi B 30 persen, akreditasi C 10 persen dan akreditasi lainnya 5 persen dari total kuota yang ada.

Pembantu Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Prof. Mangadas Lumban Gaol, M.Si., Ph. D menambahkan, bila pada tahun sebelumnya, Undana tidak memungut uang pangkal bagi mahasiswa jalur mandiri, namun tahun ini Undana akan memungut uang pangkal.

Tahun 2016, baru terdapat Fakultas Kedokteran Umum (FKU) dan Kedokteran Hewan, masing-masing Rp 100 juta dan Rp 7 juta. Undana, kata Lumban Gaol, harus menerapkan uang pangkal karena pada saat ini Undana hendak berubah status dari Satuan Kerja menjadi Badan Layanan Umum.

Ia mengatakan, Undana masih dikatagorikan murah karena di PTN lain di Indonesia, Unang pangkal bagi FKU ada yang sampai Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Untuk itu, Undana pun akan menaikan uang pangkal tersebut.

Namun, tambahnya, penetuan angkanya akan diputuskan melalui rapat pimpinan universitas, fakultas, pascasarjana, lembaga dan biro di lingkungan Undana.*

Penulis: maksi_marho
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved