Salju Tebal Lumpuhkan Italia, Siaga Udara Dingin Dipertahankan

Sekolah ditutup di Wilayah Abruzzo, Molise, Basilicata dan Puglia di bagian tenggara Italia setelah salju tebal turun di Wilayah Abruzzo dan Campania

Salju Tebal Lumpuhkan Italia, Siaga Udara Dingin Dipertahankan
Pos Kupang/Reuters
Ilustrasi Salju

POS KUPANG.COM, ROMA - Lembaga perlindungan masyarakat Italia pada Selasa mengeluarkan peringatan mengenai udara dingin yang berkepanjangan, setelah salju tebal turun di bagian tengah dan selatan negeri tersebut pada Senin (16/1).

Sekolah ditutup di Wilayah Abruzzo, Molise, Basilicata dan Puglia di bagian tenggara Italia setelah salju tebal turun di Wilayah Abruzzo dan Campania di sebelah selatan Roma.

Peringatan siaga salju dikeluarkan untuk lima dari sembilan provinsi di Wilayah Reggio Emilia, Italia Tengah, untuk Selasa, sementara angin kencang diramalkan terjadi di dekat Tuscany.

Pada Ahad (15/1), seorang pria tunawisma ditemukan meninggal di Roma, dan bukti awal menunjukkan ia meninggal akibat radang dingin dan hipothermia, kata laporan media setempat.

Secara keseluruhan, udara yang sangat dingin diduga menjadi penyebab kematian delapan orang yang dicatat di seluruh negeri tersebut pekan lalu.

Dari Senin, Palang Merah Italia (CRI) menyatakan organisasi itu berencana membuka markasnya di Roma pada malam hari untuk tunawisma dan migran yang terjebak.

Udara dingin mengakibatkan gangguan pasokan listrik dan air, angkutan umum dan jalan di bagian tengah serta selatan Italia, demikian laporan Xinhua . Jalan terputus, dan sebagian kota kecil tetap terkucil akibat salju tebal, terutama di daerah pegunungan Irpinia, Napoli Selatan, pada Senin.

Kekurangan air akibat temperatur membeku dicatat di seluruh Provinsi Avellion, yang juga berada di selatan Napoli, kata kantor berita ANSA.

Lembaga Perlindungan Sipil kembali mengeluarkan peringatan udara buruknya untuk Selasa, dan mengatakan kondisi siaga akan tetap berada pada "tingkat kuning" --yang berarti kondisi kritis-- di Marche, Abruzzo, Molise, Basilicata dan Puglia. Daerah pantai Campania dan Calabria, serta bagian barat Sisilia, juga mungkin terpengaruh.

Angin kencang diperkirakan berhembus di bagian tengah dan timur-laut Italia pada Selasa. Salju tebal telah dicatat di seluruh Alpen --gugusan gunung yang memisahkan Italia dari negara lain yang berbatasan dengannya-- dan akan terus berhembus selama beberapa hari ke depan, kata lembaga perlindungan sipil.

Temperatur rendah dicatat di Provinsi Alto Adige di perbatasan Italia dengan Austria dan Swiss, dan temperatur minus 20 derajat Celsius di beberapa daerah. Itu adalah temperatur paling rendah yang dicatat sejak 2009, kata petugas meteorologi lokal.
(ant)

Editor: Marsel Ali
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved