Kafe Kopi Menjamur di Kupang

Pergeseran pola hidup dari rumah ke restoran atau kafe sudah menjadi bagian dari keseharian warga Kota Kupang. Untuk menyeruput secangkir kopi, mereka

Kafe Kopi Menjamur di Kupang
Nia
Pengunjung di Ermka Cafe 

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Pergeseran pola hidup dari rumah ke restoran atau kafe sudah menjadi bagian dari keseharian warga Kota Kupang. Untuk menyeruput secangkir kopi, mereka cenderung memilih kafe khusus kopi yang makin menjamur di kota ini.

Mencari tempat yang asyik untuk nongkrong sambil makan-makan atau minum bersama teman, pacar, saudara atau keluarga di Kota Kupang tidaklah sulit. Selain restoran elit, rumah makan dan lesehan, di Kota Kupang kini bermunculan kafe. Bahkan, ada kafe khusus menyediakan minuman kopi. Jenis kopi yang disuguhkan pun beraneka ragam, mulai dari kopi mix, kopi susu, capucino dan kopi hitam.

Para pengunjung tampak sedang bermain catur, mengisi waktu saat berada di Cafe House Kupang. Gambar diabadikan (1/9/2016)
Para pengunjung tampak sedang bermain catur, mengisi waktu saat berada di Cafe House Kupang. Gambar diabadikan (1/9/2016)

Salah satu jenis kopi yang lagi trend saat ini adalah kopi hitam asal Flores. Kopi ini dikenal dengan kopi Flores, baik yang berasal dari Bajawa maupun Manggarai. Beberapa kafe khusus menyediakan kopi di Kota Kupang, yakni Ja'o Cafe di Jalan Frans Seda, eReMKa Cafe di Jalan Veteran, kawasan Walikota Baru Kupang, dan Kiki Kaka Cafe di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 1 Kayu Putih. Kafe-kafe ini selalu dipenuhi penikmat kopi pada sore hingga malam hari.

Bagi mereka, minum kopi bisa menambah semangat dan energi sehingga bekerja dan beraktivitas lainnya bisa semangat lagi. Beberapa penikmat kopi yang ditemui Pos Kupang secara terpisah di beberapa kafe, yakni Mey Agus Salim, Angki Ndoen, Gun Sehandi, beberapa waktu lalu di Kupang, mengatakan, perkembangan Kota Kupang saat ini luar biasa cepat. Banyak fasilitas yang dulunya dianggap tabu, saat ini malah menjadi bagia dari gaya hidup atau life style. Misal adanya kafe-kafe di Kota Kupang.

"Yah, kalau dulu mau makan atau minum di luar rasanya tabu atau aneh. Kecuali memang orang-orang berduit. Tetapi saat ini karena banyak kesibukan dan Kota Kupang semakin ramai dan panas, perlu waktu untuk bersantai sejenak. Salah satunya adalah di kafe," ujar Mey.

Mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ini sengaja ke kafe karena janjian dengan teman-temanya untuk bertemu. "Kami janjian untuk kumpul-kumpul, lalu karena tidak tahu mau kumpul di mana, maka kami memilih kumpul di kafe. Di kafe suasananya lebih nyaman, santai dan enak untuk tongkrong. Apalagi saat ini kafe kopi selalu menyediakan live musik," ujar Mey yang datang bersama dua sahabatnya.
Ia mengatakan, menu yang dipesan adalah kopi hitam dan roti bakar. Alasannya, kopi apalagi kopi asli yang tidak dicampuri dengan yang lainnya terasa lebih nikmat.

"Biasa kalau mau belajar biar tidak ngantuk harus minum kopi sehingga bisa mete (begadang, Red) sampai malam. Kebiasaan ini tertular kalau bersama teman-teman. Sehingga saat ini sudah ada pilihan minum kopi di luar rumah," kata Mey.

Di Kiki Kaka Café, pengunjung bisa menikmati makanan, minuman atau snack sepuasnya sambil mendengarkan alunan musik nan merdu. Menu yang tawarkan pun unik dan istimewa dengan banyak pilihan serta harga yang terjangkau.
Kiki Kaka Café juga melengkapi pelayanannya dengan fasilitas wifi gratis sehingga pengunjung betah berlama-lama di kafé ini.

Keramahan pelayanan juga menjadi faktor penting mengapa warga Kota Kupang dan sekitarnya memilih berkunjung ke kafé ini. Menu makanan, minuman dan snack yang ditawarkan di Kiki Kaka Café bermacam-macam. Ada nasi goreng gila, nasi goreng selimut, nasi goreng naga, ada mie setan dan masih banyak lagi.

Minumannya juga bermcam-macam seperti black coffee Lampung, black coffee Bali, black coffee Flores (Bajawa), ada sus jahe, kopi cappuccino dan lain-lain. Berbagai jenis snack pun disiapkan dengan banyak pilihan. Ada French fries, ada roti bakar strawbery keju, roti bakar coklat keju, roti bakar nutela, cold dog, susu spaghetti ayam, Beef burger dan lain-lain. Semua disiapkan untuk memanjakan para pengunjung.

Chef sekaligus Manajer Kiki Kaka Cafe, Risky Rangga yang ditemui di kafe tersebut, mengatakan, Kiki Kaka Cafe buka mulai pukul 10.00 Wita hingga 24.00 Wita. Biasanya menjelang pukul 12.00 Wita, pukul 18.00 Wita hingga malam, Kiki Kaka Café lebih ramai pengunjung. Di kafeini ada live music dan dilengkapi WiFi sehingga memberi kenyamanan bagi pengunjung.

"Menu makanan di Kiki Kaka Café umumnya pedas sesuai selera warga Kota Kupang dan sekitarnya. Itulah uniknya. Meski demikian, tingkat kepedasan makanan ada levelnya. Mulai dari yang kurang pedas, sedikit pedas sampai lumayan pedas," tutur Risky.

Ia mengajak warga Kota Kupang dan sekitarnya yang ingin merasakan unik dan istimewanya menu makanan dan minuman di Kiki kaka Café bisa datang ke alamatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan Kayu Putih. Tepatnya di dekat kampus Stikom Uyelindo Kupang dan Stikes CHMK Kupang.

"Kiki Kaka Café juga melayani pemesanan makanan dan minuman untuk diantar atau diambil sendiri pemesan. Yang ingin menggelar acara ulang tahun atau acara lainnya bisa memanfaatkan Kiki Kaka Café sebagai tempat kegiatannya," kata Risky. (nia/yen)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved