Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo : Masyarakat Jangan Khawatir, Rayakan Natal dengan Damai

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan pihaknya siap bersinergi dengan Polri dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo : Masyarakat Jangan Khawatir, Rayakan Natal dengan Damai
KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan pihaknya siap bersinergi dengan Polri dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016.

Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (23/12/2016) sore ini.

"Jadi intelijen kami, akses kami, pasukan kami termasuk teritorial, semuanya, apa yang diperlukan Polri kami siapkan semuanya," kata Gatot usai ratas.

Gatot mengatakan, TNI akan memberikan segala informasi yang dimiliki oleh intelijennya kepada Polri, diminta atau pun tidak diminta.

Sepertiga dari pasukan TNI juga akan terus bersiaga untuk mem-backup pasukan kepolisian.

"Jadi kapan pun diperlukan, on time tinggal jalan," ucap Gatot.

Gatot meyakini, dengan sinergi antara TNI dan Polri ini, maka akan terwujud rasa damai di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan tenang.

"Untuk masyarakat, waspada, tapi jangan khawatir. Tenang, rayakan Natal dengan penuh damai," ucap Gatot.

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian meyakini tidak akan ada gangguan keamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

Ini karena Polri sudah melakukan sejumlah penangkapan terhadap kelompok terduga terorisme di sejumlah daerah sebelum mereka melakukan aksinya.

Secara keseluruhan, Polri sudah melakukan penangkapan terhadap 21 terduga terorisme.

Kendati demikian, Tito memastikan bahwa Polri bersama TNI dan Badan Intelijen Negara akan terus bekerja keras untuk melakukan upaya deteksi dini dan penindakan jika memang masih ada kelompok yang berupaya untuk melakukan teror.

"Kami yakinkan situasi insya Allah tenang, tidak ada apa-apa. Mari kita bekerja bersama-sama. Sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru bisa berjalan lancar," kata Tito. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved