Hujan Dua Hari, Sejumlah Rumah dan Sawah di Nagekeo Terendam

Selama dua hari hujan mengguyur Kota Mbay dan sekitarnya. Akibatnya, sejumlah rumah dan tanaman padi di Desa Tonggurambang yang sedang menguning teren

Hujan Dua Hari, Sejumlah Rumah dan Sawah di Nagekeo Terendam
POS KUPANG/ADIANA AHMAD
Rumah dan sawah milik warga di Nagekeo terendam banjir setelah wilayah itu hujan dua hari 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Selama dua hari hujan mengguyur Kota Mbay dan sekitarnya. Akibatnya, sejumlah rumah dan tanaman padi di Desa Tonggurambang yang sedang menguning terendam.

Air yang merendam pemukiman warga selain air hujan, juga karena luapan air dari saluran tersier yang ada di Tonggurambang Tengah.

Warga terpaksa membuat saluran alternatif untuk mengalihkan sebagian air dari saluran pembuangan.

Beberapa warga yang ditemui di Tonggurambang, Senin (19/12/2016), mengatakan, banjir yang terjadi kali ini jauh lebih besar jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dedi Ingga, salah satu warga Tobggurambang, Senin siang, mengatakan, selain merendam rumah, tanaman padi siap panen milik warga padi milik warga yang ada di penampungan juga terendam.

Warga setempat berharap, pemerintah daerah meninjau kembali saluran tersier.

"Kalau bisa saluran tersier dan deker diperlebar agar bisa menampung air yang berasal dari sawah. Kalau tidak, ke depan kita akan terus seperti ini bahkan mungkin lebih parah," kata Dedi.

Warga juga meminta pemerintah mengantisipasi penyakit-penyakit yang timbul akibat genangan air tersebut, seperti demam berdarah, malaria, diare, ispa dan lain-lain.

Warga mengaku hingga Senin pagi, belum ada pejabat atau perwakilan dari pemerintah yang berkunjung ke lokasi banjir.

Selain banjir merendam pemukiman, hujan juga menyebabkan longsor di kali Aesesa. Dua rumah di Pinggir Kali Aesesa terancam longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupayen Nagekeo, Bernabas Lambar yang dihubungi Senin siang mengataka belum mendapat laporan terkait banjir dan longsor. Meski demikian, Bernabas berjanji akan mengirim tenaga teknis ke lokasi longsor dan banjir.*

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved