Peningkatan Mutu Hidup ODHA Masuk Dalam Strategi Utama Penanggulangan AIDS

Peningkatan mutu hidup Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) serta mitigasi dampak sosio ekonomi pada orang yang tertular

Peningkatan Mutu Hidup ODHA Masuk Dalam Strategi Utama Penanggulangan AIDS
Pos Kupang/Hermina Pello
BACA-- Asisten 2 Setda Kota Kupang, Djama Mila Meha membacakan sambutan Plt Walikota Kupang 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Hermina Pello

POS KUPANG.COM, KUPANG--Peningkatan mutu hidup Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) serta mitigasi dampak sosio ekonomi pada orang yang tertular, termasuk dalam strategi utama penanggulangan AIDS.

Demikian, sambutan Plt Walikota Kupang, Yohanna E Lisapaly yang dibacakan Asisten II Setda Kota Kupang, Djama Mila Meha pada acara pembukaan pelatihan dukungan bagi pendampingan sebaya di Kota Kupang di Hotel Romyta, Senin (5/12/2016).

Menurutnya, dukungan pendamping sebaya berfokus pada peningkatan mutu hidup ODHA, khususnya dalam peningkatan percaya diri, peningkatan pengetahuan HIV/AIDS, akses dukungan, pengobatan dan perawatan, pencegahan positif dengan melakukan perubahan perilaku, dan kegiatan produktif.

Dengan begitu, diharapkan dapat merubah cara berpikir para ODHA khususnya bagi mereka yagn baru saja menerima informasi status HIV positif mereka.

"Tidak hanya itu, peningkatan dukungan bagi pendampingan sebaya sangat penitng dimana dengan adanya pendamping ODHA dapat difasilitasi dan juga lebih terhubung dengan akses informasi dan layanan kesehatan yang memang sangat dibutuhkan," kata Djama.

Penulis: Hermina Pello
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved