Bantu Petani Wanga, PT. MSM Bangun Jaringan Perpipaan

Akibat terjadinya rongga pada jalur sungai Wanga, Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur

Bantu Petani Wanga, PT. MSM Bangun Jaringan Perpipaan
POS KUPANG/JOHN TAENA
PT. MSM menggunakan pipa HDPE 10 Inc dengan volume air 80 liter perdetik, untuk mengalirkan air ke Bendungan Wanga, Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur. Hal ini bertujuan untuk membantu 586 hektar sawah yang mengalami kekeringan di daerah irigasi setempat. Senin (5/11/2016)

Laporan Wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM,WAINGAPU -- Akibat terjadinya rongga pada jalur sungai Wanga, Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur, menyebabkan air masuk ke dalam tanah. Selain itu faktor perubahan iklim juga menjadi penyebab kekeringan di atas lahan sawah seluas kurang lebih 586 hektar.

"Ada rongga di aliran sungai dan air tidak bisa sampai ke Bendungan Wanga karena air masuk ke dalam tanah," jelas Husin Nur Roini, Area Manager, PT. Muria Sumba Manis (MSM), kepada Pos Kupang, di Desa Wanga, Senin (5/11/2016).

PT. MSM sebagai salah satu investor yang hendak membuka perkebunan tebu di lokasi itu, merasa terpanggil untuk membantu warga setempat. Menyediakan air untuk memenuhi kebutuhan para petani setempat adalah salah satu langkah yang ditempuh oleh perusahaan itu.

Hal ini dilakukan dengan membangun jaringan perpipaan sepanjang kurang lebih 1800 meter. Selain itu untuk menghadirkan air dengan kapasitas 80 liter perdetik, PT.MSM menggunakan jenis HDPE 10 Inc.

"Harganya Rp 300 ribu per meter dan total anggarannya sampai biaya pemasangan itu sekitar Rp 600-an juta. Semua ini dilakukan perusahan untuk membantu masyarakat di sini," terang Roini. (*)

Penulis: John Taena
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved