Fraksi PKS Minta Novanto Fokus Perbaiki Kinerja DPR

DPR di bawah kepemimpinan Novanto bisa lebih aktif melakukan mekanisme "checks and balances" terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak sesuai a

Fraksi PKS Minta Novanto Fokus Perbaiki Kinerja DPR
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra
Lima pimpinan DPR RI usai pelantikan Ketua DPR RI Setya Novanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2016) 

POS KUPANG.COM - Fraksi PKS meminta Ketua DPR yang baru Setya Novanto fokus memperkaiki kinerja DPR khususnya seluruh fungsi institusi itu yang diamanahkan konstitusi, kata Ketua FPKS Jazuli Juwaini.

"DPR punya banyak pekerjaan rumah dalam pelaksaan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Kami berharap Ketua DPR yang baru dapat menggenjot kinerja DPR dengan perencanaan, implementasi, dan monitoring yang lebih baik," katanya di Jakarta, Sabtu.

Ia berharap agar DPR di bawah kepemimpinan Novanto bisa lebih aktif melakukan mekanisme "checks and balances" terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak sesuai atau merugikan rakyat dan negara.

Menurut dia, DPR harus lebih kritis namun tetap konstruktif dalam mengawasi dan mengevaluasi kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak sejalan dengan kepentingan rakyat dan konstitusi.

"Untuk itu Pimpinan DPR harus kompak menjaga marwah DPR dan mampu membangun komunikasi yang baik dengan Fraksi-Fraksi untuk mewujudkan program-program yang baik untuk rakyat," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR itu menilai Pimpinan DPR harus bisa menentukan skala prioritas DPR dengan mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhan rakyat.

Selain itu menurut dia, Pimpinan DPR harus bisa mengkomunikaskan program-program yang bermanfaat untuk rakyat secara baik yang bisa dipahami rakyat sehingga rakyat bisa menangkap keberpihakan wakil rakyat terhadap rakyatnya.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga besar Fraksi PKS mengucapkan selamat kepada Bapak Setya Novanto, selamat bekerja, dan tidak lupa ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bapak Ade Komarudin atas kinerja dan dedikasinya selama ini," katanya.

Paripurna DPR RI pada Rabu (30/11) telah mengesahkan penggantian Ketua DPR asal Partai Golkar. Setya Novanto secara resmi telah dilantik sebagai Ketua DPR RI yang baru menggantikan Ade Komarudin. *)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved