Malaka Urutan Tiga Nasional Nominasi Daerah Irigasi Teladan se-Indonesia

Daerah Irigasi (DI) Malaka di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, masuk nominasi urutan tiga nasional dari lima nominasi dalam lomba operasi dan pemelihar

Malaka Urutan Tiga Nasional Nominasi Daerah Irigasi Teladan se-Indonesia
POS KUPANG/DION KOTA
Ilustrasi: Bupati malaka, dr. Stefanus Bria Seran Sedang mengendarai traktor 

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Daerah Irigasi (DI) Malaka di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, masuk nominasi urutan tiga nasional dari lima nominasi dalam lomba operasi dan pemeliharaan DI (OP Irigasi) teladan tingkat nasional. Dalam lomba ini NTT mendapat point 83,99.

Lomba yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti PU ke- 71 tanggal 3 Desember 2016, yang berlangsung di Bogor tanggal 16-17 November 2016 diikuti peserta dari 21 daerah irigasi teladan. Dalam lomba ini, NTT mengajukan DI Malaka di Kabupaten Malaka.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTT, Ir. Andre W Koreh, MT kepada Pos Kupang melalui layanan BlackBerry Messenger (BBM), Selasa (22/11/2016), menjelaskan, DI yang masuk nominator, yakni nominasi satu DI Coban dari BWS Pomali Comal Jawa Tengah (Jateng), nominasi dua DI Tajum dari BWS Serayu Opak Jateng, nominasi empat DI Penggu BWS NT II NTB dan nominasi lima DI Kali Berantas Jawa Timur (Jatim).

"Setelah masuk nominator maka semua peserta kembali point nol, dan akan diuji lagi di lapangan. Tanggal 27-29 November ini tim juri akan ke Malaka untuk melihat langsung apakah yang kadis presentasi di hadapan juri di Bogor benar atau tidak, sehingga penilaian akhir akan diberikan sebelum tanggal 3 Desember 2016," katanya.

Andre menjelaskan, hadiah pertama dalam lomba ini akan mendapat satu mobil dan tiga sepeda motor. Hadiah kedua satu mobil dan dua sepeda motor. Hadiah ketiga satu mobil dan satu sepeda motor. Hadiah keempat dua sepeda motor, dan hadiah kelima satu sepeda motor. "Ke NTT sudah pasti dapat minimal satu sepeda motor," katanya.

Mengenai kriteria penilaian, Andre menjelaskan, kriterianya banyak, antara lain cara penyajian, apakah ada operasi dan pemeliharaan yang baik, apakah ada pengaturannya, apakah ada kelembagaan di masyarakat, kelembagaan di pemerintahan, koordinasi antarlembaga, apakah ada inovasi dan lain-lain, apakah ada komitmen dari pimpinan untuk memajukan DI tersebut. Kriteria lain terkait cara penyajian dan cara menjawab pertanyaan.

"Sebagai kadis saya gembira bisa masuk nominasi. Apalagi kadis sendiri yang memaparkan pada lomba tersebut. Saya berharap ini akan menjadi percontohan di NTT terutama dalam menyambut tujuh bendungan yang akan dibangun," kata Andre. (kas)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved