Jokowi Tak Khawatir Upaya Makar

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dirinya tidak khawatir dengan adanya dugaan upaya makar terhadap pemerintahan yang sah.

Jokowi Tak Khawatir Upaya Makar
Ihsanuddin
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sarapan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/11/2016) 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dirinya tidak khawatir dengan adanya dugaan upaya makar terhadap pemerintahan yang sah.

Hal ini disampaikan Jokowi kepada wartawan usai sarapan bersama Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, di teras Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

"Enggak (khawatir) lah, ini kan kita ini kan produk demokrasi yang konstitusional, ya saya biasa-biasa saja," kata Jokowi.

Jokowi mengakui belakangan dirinya bertemu dengan tokoh ormas, ulama, kesatuan TNI dan Polri, hingga elite partai politik pasca aksi unjuk rasa 4 November lalu.

Jokowi menegaskan silaturahmi selama hampir satu bulan ini tidak perlu ditafsirkan sebagai bentuk kekhawatiran akan adanya pelengseran.

"Bahwa kita perlu bertemu dengan tokoh-tokoh, perlu konsolidasi dengan TNI-Polri, ya itu memang yang perlu dilakukan dalam mengelola situasi, agar masyarakat melihat, sehingga ada ketenangan disitu," tambahnya.

Sementara, Surya Paloh menyatakan bahwa Partai Nasdem siap melawan pihak-pihak yang berupaya melengserkan pemerintahan yang sah dan konstitusional.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sebelumnya mengatakan, pihaknya akan menjaga ketat aksi pada 25 November2016.

Pasalnya, aksi tersebut berpotensi berujung pada upaya penggulingan pemerintahan.

Tito mengaku mendapat informasi bahwa ada "penyusup" di balik aksi demo tersebut dan akan menduduki gedung parlemen Senayan, Jakarta.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved