Jumat Ini Tes Tertulis Bagi Calon Kepala Desa di Malaka

Hari ini, Jumat (4/11/2016) Panitia Pimilihan kepala desa (Pilkades) tingkat kabupaten malaka menggelar ujian tertulis bagi 300 calon kepala desa yang

Jumat Ini Tes Tertulis Bagi Calon Kepala Desa di Malaka
SERAMBI/M ANSHAR
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Dion Kota

POS KUPANG.COM, BETUN -- Hari ini, Jumat (4/11/2016) Panitia Pimilihan kepala desa (Pilkades) tingkat kabupaten malaka menggelar ujian tertulis bagi 300 calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades serentak 2016.

Tes tertulis ini dilaksanakan dalam satu gelombang bertempat di SD Bakateu.

Hal ini diungkapkan kepala BPMD, Kabupaten Malaka, Agustinus Nahak saat dijumpai pos kupang, Kamis (3/11/2016) di ruang kerjanya. Dikatakannya soal ujian tertulis tersebut seputar perencanaan dana desa, pemberdayaan dan pemerintahan desa. Soalnya dalam bentuk essay dan disusun oleh tim khusus.

" Ujianya direncanakan di mulai pukul 14.00 Wita. Untuk pengumumannya kapan saya juga belum tahu pasti. Namun setelah ujian tertulis, tanggal 5 dan 6 November akan dilanjutkan dengan wawancara bagi para calon kepala desa," ungkap Nahak.

Disinggung terkait standart nilai kelulusan, Nahak mengatakan, panitia memberikan standart 60. Nilai ujian tertulis dan wawancara digabungkan untuk mendapatkan nilai akhirnya.

Namun panitia memberikan pertimbangan khusus bagi peserta yang memiliki pengalaman di bidang pemerintahan desa atau pernah bekerja di LSM dan langsung bersentuhan dengan pemberdayaan masyarakat.

" Bagi yang nilai di bawah 60, namun memiliki pengalaman yang mendukung untuk menjadi kepala desa, bisa diluluskan panitia," ungkapnya.

Seleksi tertulis dan wawancara ini dilakukan selain untuk menyaring calon kepala desa yang lebih dari 5, tetapi juga untuk mendapatkan calon kepala desa yang memiliki kompetensi di bidang pemerintahan desa.

Pasalnya saat ini, pemerintah pusat memberikan anggaran yang besar untuk pemberdayaan dan pembangunan di desa sehingga desa membutuhkan kepala desa yang berkompeten.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved