Tiga Indera Penting Manusia yang Belum Anda Tahu

Kita memiliki pemahaman mendalam tentang kelima panca indera itu, karena mereka membantu fungsi kita sehari-hari.

Tiga Indera Penting Manusia yang Belum Anda Tahu
Shutterstock
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Selama ini, kita belajar tentang panca indera: penglihatan, suara, penciuman, perasa, dan sentuhan. Kita memiliki pemahaman mendalam tentang kelima panca indera itu, karena mereka membantu fungsi kita sehari-hari.

Para peneliti telah menemukan ada banyak indera sensorik dalam tubuh yang juga memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Inilah tiga indera lain yang ada di tubuh kita.

THERMOCEPTION

Thermoception membantu kita menjaga suhu tubuh agar tetap konstan, dan memungkinkan kita tahu kapan lingkungan kita terlalu panas atau terlalu dingin.

Hal ini membantu kita untuk menghindari kerusakan jaringan dari luka bakar atau karena paparan sesuatu yang terlalu dingin.

Thermoreceptor atau penerima rangsang suhu, berada di kulit. Selain di kulit, ada juga thermoreceptor di otak yang membantu mendeteksi dan mengatur perubahan suhu tubuh inti.

PROPRIORECEPTION

Kemampuan untuk tahu di bagian tubuh kita yang tanpa melihat mengacu pada proprioception. Sebagai contoh, jika kita menutup mata dan mengangkat tangan, kita akan tahu di mana letak tangan kita bahkan tanpa melihatnya.

Tanpa proprioception, kita harus terus melihat ke kaki untuk bisa berjalan dengan benar. Ada reseptor khusus di kulit, sendi, dan otot-otot yang membantu kita melakukan hal itu.

EQUILIBRIOCEPTION

Pemahaman tentang keberadaan tubuh kita dalam satu ruang, berkaitan erat dengan keseimbangan atau equilibrioception. Kemampuan ini diatur oleh cairan di telinga bagian dalam.

Cairan ini turut mengatur keseimbangan gerak sehingga kita tetap aman walau tidak dalam keadaan diam. Sebagai contoh, saat kita berputar dengan cepat dan semakin cepat, equilibrioception akan terganggu. Hasilnya, kita pusing dan kehilangan keseimbangan.

Bersama-sama, tiga indera ini berperan penting dalam menavigasi kita di dalam lingkungan supaya tetap bisa bergerak dengan aman. Inilah tiga indera manusia, di luar lima panca indera yang sudah kita tahu sebelumnya. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved