Anda Makin Sulit Tidur Malam Bila Banyak Berpikir di Atas Ranjang

Beberapa penelitian membuktikan bahwa susah tidur malam sehingga menderita insomnia tidak terjadi setelah seseorang mengalami stres

Anda Makin Sulit Tidur Malam Bila Banyak Berpikir di Atas Ranjang
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Beberapa penelitian membuktikan bahwa susah tidur malam sehingga menderita insomnia tidak terjadi setelah seseorang mengalami stres atau depresi.

Sebaliknya, sulit jatuh tidur dan terlelap nyenyak hingga pagi yang menumpuk beban pikiran.

"Tidur merupakan pola biologis yang sangat natural. Anda tidak bisa melawannya. Anda justru bisa semakin tidak bisa tidur," ujar Dr Guy Meadows, pendiri dari institusi Sleep School.

Charlie Morley, penulis dari Hay House dan guru meditasi di AS, mengatakan bahwa terlalu lama berbaring di atas tempat tidur karena tidak bisa tidur bisa memicu Anda menderita insomnia.

Morley menyarankan, sebaiknya Anda segera bangun dari kasur dan pergi ke ruangan lain.

Anda bisa melakukan kegiatan, seperti baca buku, menulis, atau meditasi yang menyebabkan kelelahan agar segera mengantuk.

"Banyak orang yang sulit tidur tetap berbaring di atas kasur dan mengalami agitasi mental," terang Morley.

Mengurangi cahaya lampu dan suara bising di sekitar kamar, kata Morley, cara terbaik untuk mendatangkan rasa kantuk lebih cepat.

Jika Anda setiap malam hanya bisa tidur kurang dari dua jam, maka segeralah berkonsultasi kepada pakar langganan. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved