Gedung Panin di Bintaro Dirobohkan

Adapun proses perobohan gedung oleh pihak kontraktor pelaksana, PT Wahana Infonusa, sudah dimulai sejak hari Jumat (14/10/2016) pukul 22.30 WIB.

POS KUPANG.COM, TANGERANG -- Gedung mangkrak milik Panin Bank di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan, yang hendak dirobohkan, masih berdiri tegak hingga Sabtu (15/10/2016) dini hari.

Adapun proses perobohan gedung oleh pihak kontraktor pelaksana, PT Wahana Infonusa, sudah dimulai sejak hari Jumat (14/10/2016) pukul 22.30 WIB.

Pantauan Kompas.com, menjelang lima jam proses perobohan gedung, yakni hari Sabtu pukul 03.30 WIB, belum ada bagian apapun dari bangunan tersebut yang runtuh. Namun, sekitar pukul 03.00 WIB lewat, sempat terdengar bunyi "krek" setelah salah satu karung pasir diletakkan di bagian paling atas gedung.

Menurut Project Manager PT Wahana Infonusa, Ari Yudhanto, pihaknya baru menaruh kurang dari 40 karung pasir yang masing-masing memiliki berat sekitar 1,5 ton. Dari perhitungan timnya, butuh berat 100 hingga 150 ton dari karung pasir agar gedung bisa roboh secara progresif dari atas ke bawah.

"Kami masih yakin kalau nanti pagi, pukul 07.00 WIB, bisa selesai, gedung roboh seluruhnya," kata Ari kepada pewarta, di lokasi.

Kompas.com turut melihat tempat petugas kontraktor bekerja, yakni tepat di jalan depan gedung tersebut berdiri. Di sana, tertumpuk karung-karung pasir berukuran besar berikut crane di sisi satunya.

Setiap karung pasir itu diangkat menggunakan crane satu per satu hingga beban di puncak cukup untuk bisa merobohkan gedung. Adapun proses perobohan gedung ini turut disertai dengan penutupan jalan dan penerapan rekayasa lalu lintas dari Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan.

Rekayasa lalu lintas sendiri hanya diberlakukan mulai pukul 22.00 WIB pada Jumat sampai pukul 07.00 WIB hari Sabtu ini. Polisi belum memutuskan apakah akan tetap menutup jalan jika hingga nanti pagi gedung tersebut belum juga roboh.
*

Editor: Hyeron Modo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved