Flora Kiuk Penegak Diagnosa

Perempuan ini dipercayakan menjalankan tiga tugas di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) provinsi NTT. Tiga tugas yang diemban perempuan bernama

Flora Kiuk Penegak Diagnosa - flora-kiuk_20161012_233025.jpg
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Flora Kiuk
Flora Kiuk Penegak Diagnosa - flora-kiuk-2_20161012_233141.jpg
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Flora Kiuk

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Perempuan ini dipercayakan menjalankan tiga tugas di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) provinsi NTT. Tiga tugas yang diemban perempuan bernama lengkap Flora Kiuk, ini, yaitu di bagian loket, bagian mikrobiologi dan bagian sampling.

Ditemui di kantornya, Kamis (6/10/2016), Flora mengatakan, pada tiga bagian itu bukan hanya dia sendiri yang bertugas, pegawai lainnya juga diberi peran secara terjadwal.
Agar tiga tugas itu dijalankan dengan baik, maka Flora membagi hari kerjanya bergantian pada tiga bagian tersebut.

Pada hari Senin dan Kamis, Flora bertugas di bagian loket, pada Selasa dan Jumat bertugas di bagian mikrobiologi dan pada hari Rabu, Flora bertugas di bagian sampling.
Di bagian loket, perempuan berdarah Rote Ndao ini bertugas melayani pendaftaran pasien yang ingin memeriksakan darah di Labkesda NTT. Sedangkan di bagian mikrobiologi Flora bertugas melakukan pemeriksaan mikroskopis terhadap darah pasien.

Di bagian sampling, Flora bertugas mengambil darah pasien untuk chek up. Meski menjalankan tiga tugas, tidak berarti tugas tersebut ia kerjakan sendiri, karena juga dikerjakan pegawai lainnya secara terjadwal.

Namun ketika ditanya tentang pentingnya pemeriksaan laboratorium dalam diagnosa suatu penyakit, jebolan Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bakhti Wiata - Kediri, Jawa Timur ini mengatakan, pemerikaan laboratorium penting untuk menegakan diagnosa penyakit yang diderita seorang pasien.

"Pemeriksaan laboratorium itu bisa berupa pemeriksaan darah, dahak dan lainnya. Pemeriksaan laboratorium penting untuk menegakan diagnosa sehingga memastikan jenis penyakit yang diderita seorang pasien," kata Flora

Karena itulah, lanjut Flora, Labkesda NTT terus memperluas jejaring pelayanannya agar diagnosa penyakit seorang pasien di rumah sakit, klinik dan puskesmas yang belum memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap bisa terlayani.

Menurut dia, penegakan diagnosa penting agar obat yang diberikan dokter kepada pasiennya menjadi lebih tepat sesuai jenis penyakit yang diderita.

"Untuk chek up kesehatan, seseorang juga bisa melakukan pemerikaan darah di Labkesda NTT," ujar Flora. (mar)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved