Lipsus Obat di RSUD Yohannes Kupang

Nah Loh Obat Kadaluarsa Sejak Enam Tahun Belum Dimusnahkan

Salah satu gudang Obat di RSUD Yohannes Kupang didugtersimpan obat-obatan yang sudah kadaluarsa sejak tahun 2010 hingga 2016 ini dan belum dimusnahkan

Nah Loh Obat Kadaluarsa Sejak Enam Tahun Belum Dimusnahkan
POS KUPANG/NOVEMY LEO
GUDANG FARMASI - Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) Prof. dr. WZ Yohannes Kupang bersama stafnya di gudang farmasi, Selasa (4/10/2016). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  Pantauan Pos Kupang, Rabu dan Kamis (5-6/10/2016) di RSUD WZ Johannes Kupang terdapat dua buah gudang obat. Satu gudang menggunakan eks rumah dinas Direktur RSU Johannes Kupang di bagian kiri depan rumah sakit itu.

Gudang obat ini bergabung dengan unit Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) yang melayani pasien saat mengambil obat. Gudang ini hanya untuk penyimpanan berbagai jenis obat padat.

Gudang obat kedua berada di belakang RSU Johannes Kupang atau tepatnya di dekat Rumah Sakit Wirasaksi Kupang. Di gudang ini tersimpan berbagai jenis obat dalam bentuk cairan bagi pasien kemoterapi dan lainnya.

Gudang obat di samping kompleks RSU Johannes Kupang tidak memadai untuk penyimpanan. Di salah satu ruangan utama penyimpanan obat-obatan tertata rapi. Para petugas sibuk melayani permintaan obat dari pasien.

Di ruang lain obat-obatan dalam dos bertumpukan. Bahkan di lorong-lorong ruang itu terlihat tumpukan kardus-kardus berisi obat-obatan sehingga lebar lorong menyempit karena ada tumpukan dos obat. Di sisi lain bersebelahan dengan ruangan itu ada ruang pelayanan obat. Ada sejumlah apoteker di sana dan rak-rak obat, di depannya ada ruang kepala IFRS.

Sumber Pos Kupang menyebutkan, di gudang ini tersimpan obat-obatan yang sudah kadaluarsa sejak tahun 2010 hingga 2016 ini dan belum dimusnahkan.

Bahkan obat kadaluwarsa itu memenuhi hampir setengah gudang obat tersebut. Selain itu, gudang obat tidak pernah memiliki gedung yang tetap selama puluhan tahun.

Kepala IFRS, Nelci Ndun, S.Farm,Apt, dikonfirmasi, Rabu (5/10/2016) membenarkan obat-obatan di RSU Johannes Kupang disimpan di dua gudang obat. Sejauh ini gudang- gudang tersebut masih memadai namun memang ada baiknya jika ada satu gudang khusus yang bisa menampung semua obat-obatan di rumah sakit.

Mengenai obat kadaluwarsa, Nelci mengatakan, ada beberapa obat di gudang obat. Namun pemusnahannya harus melalui berita acara. Terkait obat-obat kadaluwarsa, Direktur RSU Johannes Kupang, drg. Dominikus Mere, saat diminta tanggapannya, Kamis (6/10/2016), mengatakan, pemusnahan obat kadaluwarsa ada aturannya. (vel)

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved