Beri Kemudahan bagi Anggota, Kopdit Swasti Sari Buka Kantor Kas di Semau

Jika bertransaksi di Kupang, butuh biaya transportasi dan lain-lain.

Beri Kemudahan bagi Anggota, Kopdit Swasti Sari Buka Kantor Kas di Semau
Istimewa
Masyarakat di Pulau Semau foto bersama usai pembukaan kantor kas di Pulau Semau, Sabtu (17/9/2016). 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Masyarakat di Pulau Semau, Kabupaten Kupang kini boleh berbangga karena sejak hari Sabtu (17/9/2016), Kopdit Swasti Sari membuka kantor kas di Desa Hansisi.

Selama ini, anggota Kopdit Swasti Sari dari pulau yang terletak di depan Kota Kupang itu melakukan transaksi, baik penyetoran maupun pinjaman di kantor kas Kupang. Namun, sekarang anggota sudah tidak perlu lagi menyeberang ke Kota Kupang untuk bertransaksi.

Ketua Pengurus Kopdit Swasti Sari Cornelis Kuma Opun, ketika ditemui Pos Kupang di Kupang, Senin (19/9/2016), mengatakan, pembukaan Kantor Kas di Semau untuk mendekatkan pelayanan kepada anggota di wilayah itu. Sebab, selama ini anggota dari Semau melakukan transaksi di Kupang.

"Jika bertransaksi di Kupang, butuh biaya transportasi dan lain-lain. Karena itu, kami membuka kantor kas ini untuk memudahkan anggota dan mendekatkan pelayanan kepada anggota," katanya.

Sebelumnya, kata Cornelis, manajemen membuka kantor di Desa Bokonusan, namun sulit melakukan transaksi karena sinyal internet terlalu lemah. Karena itu, kantor kas baru dibuka di Desa Hansisi, Kecamatan Semau.

Hal ini dimaksudkan agar transaksi di sini bisa dibaca di Kupang secara online. Pembukaan Kantor Kas Semau, tambahnya, juga karena jumlah anggota Kopdit Swasti Sari di Semau sudah memenuhi syarat.

"Waktu rapat anggota tahunan (RAT) di Kupang beberapa waktu lalu, banyak anggota dari Semau juga yang hadir. Kami lihat bahwa jumlah anggota di sini sudah penuhi syarat untuk membuka kantor di sini," tuturnya.

Di kantor kas tersebut, anggota bisa melakukan penyetoran dan
pinjaman. Dengan begitu, mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kupang. Kepala Desa Hansisi, Lorenz Hendrik merasa bangga karena Kopdit Swasti Sari hadir di Semau.

Ia mengatakan, Kopdit Swasti Sari, adalah koperasi dengan pencapaian luar biasa. Karena itu, kehadiran di Semau juga terasa luar biasa.

Turut hadir pada pembukaan kantor kas Semau, yakni Manajer Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan, aparat Desa Hansisi, masyarakat setempat, serta karyawan Kopdit Swasti Sari.

Bukan untuk Kejar Trend
SEMENTARA pada hari Minggu (18/9/2016), manajemen koperasi ini melakukan sosialisasi di Desa Toineke, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Saat sosialisasi itu Manajer Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan mengatakan, sejak hadir di NTT 29 tahun silam, Kopdit Swasti Sari Kupang tidak mengejar trend atau mode.

Sebaliknya, kehadiran Kopdit Swasti Sari untuk membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Kopdit Swasti Sari ingin mengubah masyarakat mengatur hidup dengan baik agar lebih sejahtera.

Sosialisasi yang dilaksanakan di kantor Desa Toineke difasilitasi pemerintah desa setempat dan dihadiri lebih dari seratus masyarakat desa itu.

Yohanes mengatakan, ketika seseorang memutuskan bergabung menjadi anggota koperasi, maka orang itu ingin berubah. Berubah dari tidak ada menjadi ada, dari yang sudah ada menjadi lebih banyak, dari yang kurang baik menjadi baik dan lebih baik. (yen)

Editor: Paul Burin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved