Urus Sertifikat Tanah Gratis Pemilik Tanah Tetap Keluarkan Uang

Kabupaten Ende mendapatkan jatah 2.200 sertifikat tanah gratis dari pemerintah. Dari 1.400 sertifikat telah diberikan kepada para pemilik tanah.

Urus Sertifikat Tanah Gratis Pemilik Tanah Tetap Keluarkan Uang
ILUSTRASI
Sertifikat tanah gratis Prona

POS KUPANG.COM, ENDE - Kabupaten Ende mendapatkan jatah 2.200 sertifikat tanah gratis dari pemerintah. Dari jatah tersebut, 1.400 sertifikat telah diberikan kepada para pemilik tanah dan sisanya 800 sertifikat sedang dalam proses administrasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ende.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ende, Suhardin, mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Selasa (13/9/2016). Ia dikonfirmasi mengenai pelaksanaan kegiatan sertifikasi tanah gratis atau yang lazim dikenal dengan nama prona di Kabupaten Ende.

Suhardin mengatakan, meskipun pelaksanaan sertifikasi dilakukan gratis, namun bukan berarti para pemilik tanah tidak mengeluarkan uang apapun. Para pemilik tanah tetap mengeluarkan uang untuk pembuatan pilar dan juga meterai. "Untuk prona memang gratis. Tapi untuk meterai dan pilar disediakan oleh pemilik tanah. Tentu dia harus mengeluarkan uang," kata Suhardin.

Suhardin mengatakan, proses kegiatan prona di Kabupaten Ende tahun ini pihaknya tidak terlalu sulit melakukan pengukuran dan pendataan karena para pemilik tanah yang umumnya mosalaki (tokoh adat, Red) memberikan dukungan untuk kegiatan prona. (rom)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved