Keraf : Prodi Psikologi Undana Terapkan Kurikulum Berbasis KKNI

Program Studi Psikologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana siap untuk menerapkan kurikulum baru yang diberi nama Kurikulum Berbasis Kerangka K

Keraf : Prodi Psikologi Undana Terapkan Kurikulum Berbasis KKNI
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Suasana workshop Kurikulum Program Studi Psikologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana di Hotel Papa John s Kupang, Rabu (14/9/2016) siang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Program Studi Psikologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana siap untuk menerapkan kurikulum baru yang diberi nama Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum berbasis KKNI merupakan kurikulum yang menitikberatkan pada pencapaian kompetensi lulusan.

Sebagai langkah persiapan menyambut penerapan kurikulum berbasis KKNI, Program Studi Psikologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana menggelar kegiatan Workshop Kurikulum Psikologi yang diikuti para dosen dan mahasiswa serta berbagai pihak terkait.

Workshop digelar di Hotel Papa John's Kupang dengan menampilkan pemateri utama, ibu Sylvi Dewajani, S.Pi, D.Psy dari Kemenristek Dikti.

Dalam penjelasannya, Sylvi mengatakan, kurikulum berbasis KKNI menitikberatkan pada pencapaian kompetensi lulusan yang menyangkut kompetensi dalam menganalisis perilaku, kompetensi dalam melakukan assessment, kompetensi dalam melakukan intervensi dan kompetensi dalam melakukan penelitian. Hal tersebut, karena program pendidikan jenjang sarjana menekankan pada kemampuan psikodiagnostik dan intervensi.

Mahasiswa memiliki kompetensi melakukan assessment melalui berbagai metode seperti wawancara dan observasi. Tidak hanya terampil dalam assessment, mahasiswa juga akan memiliki keterampilan untuk memberikan jasa psikologi yang dimaksudkan untuk pencegahan, pengembangan dan penyelesaian masalah psikologis seperti dalam bidang pendidikan, industri-organisasi, dan sosial.

Sementara Ketua Program Studi Psikologi FKM Undana, M K P Abdi Keraf, S.Ps, M.Si, M.Psi dalam pemaparan materinya tentang Prodi Psikologi, mengatakan, Prodi Psikologi Undana siap menerapkan kurikulum berbasis KKNI. Untuk itu, dilakukan kegiatan workshop supaya memberi gambaran dan pemahaman yang baik kepada para dosen tentang penerapan kurikulum berbasis KKNI tersebut.*

Penulis: maksi_marho
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved