Kapolsek Oepoli Sita Tiga Pucuk Senpira

Kapolsek Oepoli di Amfoang Timur (perbatasan Timor Leste), Ipda Victor Hari Saputera, M.Si, berhasil menyita tiga pucuk senjata api rakitan (senpira)

Kapolsek Oepoli Sita Tiga Pucuk Senpira
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

POS KUPANG.COM, OELAMASI -- Kapolsek Oepoli di Amfoang Timur (perbatasan Timor Leste), Ipda Victor Hari Saputera, M.Si, berhasil menyita tiga pucuk senjata api rakitan (senpira) dari tiga warga setempat, Kamis (8/9/2016) malam dan Jumat (9/9/2016) siang.

Operasi penyitaan senpira itu dilakukan jajaran Polsek Oepoli menyusul ketegangan antara warga Oepoli di Desa Naktuka dengan warga Districk Oecusse, Republik Demokratic Timor Leste (RDTL).

Ketegangan timbul akibat perebutan lahan garapan di tanah sengketa di wilayah perbatasan dua negara, yang dikenal dengan sebutan Segmen Naktuka. Wilayah sengketa ini merupakan daerah pertanian yang sangat subur yang sering diperebutkan warga dua negara.

"Jadi benar, saya dan anak buah berhasil menyita dan mengamankan tiga pucuk senpira yang diduga sudah disiapkan dan akan digunakan dalam konflik dengan warga negara tetangga
RDTL," jelas Kapolsek Oepoli, Ipda Victor Heri Saputera, M.Si, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Jumat (9/9/2016) malam.

Namun berkat pendekatan melalui program Polisi Masyarakat (Polmas), warga yang memergoki oknum yang memegang senpira, melaporkan ke Polsek Oepoli yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan cara menyita senpira tersebut.

Tiga pucuk senpira yang disita dan diamankan, jelas Victor, yaitu masing-masing dari Thera Tameses (64), warga RT 03 RW 02 Dusun I Desa Nunuanah. Dari tangannya disita 1 pucuk senpira pada Kamis (8/9/2016) sekitar pukul 19.00 wita malam.

Selanjutnya pada hari Jumat (9/9/2016) siang, lanjut Viktor, pihaknya berhasil menyita dua pucuk senpira dari tangan Simon Saves (59), warga RT 06 RW 06 Dusun II Desa Nunuanah dan Semuel Bani (56) Thn, warga RT 11 RW 2 Dusun 2 Desa Nunuanah.

"Saya menghimbau agar warga jangan terprovokasi oleh hasutan oknum-oknum tertentu terkait konflik di perbatasan. Yang masih memegang senpira, harap dengan sadar menyerahkannya kepada polisi," pinta Viktor.*

Penulis: Julius Akoit
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved