Jepang Tawarkan Kerja Sama Bidang Ekonomi dan Pariwisata di Kota Kupang

Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura mengharapkan adanya kerja sama ekonomi dan pariwisata di Kota Kupang.

Jepang Tawarkan Kerja Sama Bidang Ekonomi dan Pariwisata di Kota Kupang
POSKUPANG/HERMINA PELLO
Walikota Kupang, Jonas Salean dan Kabag Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura, sepakat menjalin kerja sama dalam pertemuan di Kupang, Kamis (1/9/2016). 

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura mengharapkan adanya kerja sama ekonomi dan pariwisata di Kota Kupang.

Hal ini terungkap dalam kunjungan Nakamura di ruang kerja Walikota Kupang, Jonas Salean, Kamis (1/9/2016).

Ryo Nakamura diterima Walikota Kupang, Jonas Salean bersama Sekda Kota Kupang, Bernadus Benu, Asisten 1 Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka, Kepala Bappeda Kota Kupang, Elvianus Wairata dan Kabag Humas, Orson Nawa.

Nakamura melalui penerjemah menjelaskan, NTT merupakan provinsi ke-15 yang dikunjungi. Dia mengaku sangat tertarik dengan budaya karena dia ingin belajar mengenai suku-suku seperti Helong, Boti dan lainnya. Menurutnya, Pemerintah Jepang berkenan bekerjasama di bidang ekonomi seperti wisata.

Jonas Salean, pada kesempatan itu memaparkan mengenai kondisi Kota Kupang. Dia berharap, Pemerintah Jepang mau bekerjasama untuk peningkatan kapasitas SDM ASN dalam bidang perencanaan. Karena, ujarnya, Jepang merupakan negara dengan perencanaan kota terbaik di dunia.

Peningkatan ini, kata Jonas, misalnya melalui kursus-kursus singkat. Sedangkan salah satu masalah di Kota Kupang adalah air bersih yang belum teratasi.

"Namun saya minta kepada pengelola hotel, agar air harus tetap ada di hotel-hotel," ujarnya.

Nakamura sempat menanyakan potensi ekonomi yang dimiliki oleh Kota Kupang. Dan, Jonas Salean menjelaskan bahwa sektor pariwisata belum dikelola secara maksimal. Jonas Salean menjelaskan, ada peninggalan dari zaman Jepang seperti gua yang tetap dipelihara dan menjadi cagar budaya. Ada juga tugu Jepang, mariam Jepang dan lainnya. (ira)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved