Orang Bima Budidayakan Tanaman Hortikultura di Lembata

Lembata itu sama suburnya dengan di Bima. Hanya bedanya, di Bima banyak orang budidayakan tanaman hortikultura.

Orang Bima Budidayakan Tanaman Hortikultura di Lembata
POS KUPANG/FRANS KROWIN
KEBUN JAGUNG - Ahmad Abdulgani saat berada di kebun jagung garapannya di Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur, Rabu (31/8/2016) siang. 

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA - "Sudah cukup lama saya dan teman-teman dari Bima (Nusa Tenggara Barat) datang ke Lewoleba. Kami datang untuk ikut membangun daerah ini. Lembata itu sama suburnya dengan di Bima. Hanya bedanya, di Bima banyak orang budidayakan tanaman hortikultura, sedangkan di Lembata, orang Bima yang geluti usaha ini."

Kalimat ini meluncur begitu saja dari bibir Ahmad Abdulgani, salah seorang petani hortikultura di Lewoleba, ketika ditemui Pos Kupang di kebun garapannya di Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Rabu (31/8/2016) siang.

Pria asal Bima ini dalam beberapa tahun terakhir bekerja di Lewoleba sebagai petani. Saban hari, Abdulgani menggarap beberapa petak lahan pertanian dengan menanami aneka jenis tanaman umur pendek, seperti sayur kangkung, sayur putih, kol, terung, kacang panjang, lombok, bayam, paria, jagung, bawang merah dan aneka jenis tanaman lainnya.

Lahan yang digarap itu tidak terlalu luas. Hanya berukuran kurang lebih 20 x 30 meter atau sekitar 600 meter persegi. Namun di atas lahan tersebut, aneka jenis tanaman sayur-sayuran maupun jagung tumbuh subur.

Dalam waktu paling lama 12 hari ke depan, Abdulgani memanen jagung manis pulut. Jagung yang akan dipanen itu hanya ditanam pada petak yang tidak terlalu luas. Namun uang yang diperoleh dari tanaman itu diperkirakan mencapai Rp 3,5 juta.

Menurut dia, uang yang diperoleh sebanyak itu lantaran jagung yang akan dipanen nanti rencananya tidak langsung dijual kepada konsumen. Jagung itu dijual setelah direbus terlebih dahulu. Dengan begitu keuntungan yang diperoleh sedikit lebih banyak. (kro)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved