NTT Menuju PON XIX Tahun 2016

Atletik Masuk Perlombaan Utama

Masuk sesi latihan perlombaan utama hingga menuju PON XIX bulan September mendatang. Atlet terus dilatih strategi, juga latihan penguatan sendi dan ae

Atletik Masuk Perlombaan Utama
Ferry Ndoen
POS KUPANG/FERRY NDOEN PELATIH - Pelatih atlet atletik NTT, Yulius Lona Koni (kanan) dan Edmundus Parera, di lintasan atletik Stadion Oepoi Kupang, Sabtu (26/8/2016). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG - Tiga minggu menjelang keberangkan ke PON XIX tahun 2016 di Jabar, atlet cabang olahraga (cabor) atletik NTT terus mempersiapkan diri secara intensif agar bisa mendulang prestasi di even bergengsi pekan olahraga nasional yang digelar empat tahun sekali.

Lima atlet cabor atletik NTT saat ini sudah masuk sesi program latihan perlombaan utama dengan skenario situasi seperti dalam ajang PON.

Pelatih kepala atletik NTT, Yulius Loni Koni menegaskan soal program latihan sentralisasi pelatda atlet atletik NTT, saat ditemui di Stadion Oepoi Kupang, Jumat (26/8/2016) sore.

"Masuk sesi latihan perlombaan utama hingga menuju PON XIX bulan September mendatang. Atlet terus dilatih strategi, juga latihan penguatan sendi dan aerobic tetap diberi porsi selain dipacu mental bertanding atlet," jelas Yulius.

Tentang penangan atlet, Yulis menjelaskan, dari tiga pelatih atletik yang menangani lima atlet cabor atletik, Edmundus Parera menangan atlet Elda dan Junias. Sedangkan Adnan Abdulan menangani Oliva Sadi. "Saya tangani Afriana Paijo dan Adel Sanam," jelas Yulius.

Tentang perkembangan kemajuan atlet sejak mengikuti program latihan desentralisasi hingga sentralisasi pelatda sejak bulan Mei lalu dimana atlet dinapkan secara terpusat di hotel bintang IV, Swissbellin Kristal Hotel, Kupang, Yulius mengatakan ada peningkatan catatan waktu secara siginifikan yang dicapat atlet dari waktu ke waktu.

Soal target prestasi serta medali yang bisa diraih di PON XIX/2016, di Jabar 17-29 September 2016, Yulius mengatakan atletik NTT tetap memasang target minimal dalam meraih medali.

"Atletik NTT cuma pasang target medali perunggu. Karena sejumlah nomor yang akan diikuti atlet NTT seperti Oliva Sadi, Afriaina Paijo masih ada atlet 'gaek' yang tangguh seperti Trianingsih (Jateng), Yulianingsih (Jatim) dan Rini Budiarti (DKI)," ujar Yulius.

Menurutnya, atletik NTT memasang target minimal agar atlet tidak terbeban. Namun dalam even akan melihat peluang untuk bisa menjadi yang terbaik.

"Kita lihat peluang nanti dari sejumlah nomor yang bisa mendulang medali," tambahnya

Pada bagian lain, Yulius dan Edmundus Parera menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum KONI NTT, Drs. Frans Lebu Raya dan Ketua Harian KONI NTT, Ir. Andre W Koreh yang tetap concern selalu memperhatikan atlet NTT dalam persiapan menuju ke PON XIX/2016. (fen)

Atlet Atletik NTT
Nama Nomor
Oliva Sadi 5000m, 10.000m, dan maraton
Afriana Paijo 1500m, 3000 stch
Adel Sanam 5000m dan 3000 stch
Eldat Kafola Mau maraton
Lamek Junias Benu maraton

Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved