Nikmatilah Parende, Sup Ikan dari Buton, Cocok untuk Anda yang Diet

Parende, sup kuah ikan kuning ini begitu tersohor di Indonesia bagian Tengah sampai Indonesia bagian Timur.

Nikmatilah Parende, Sup Ikan dari Buton, Cocok untuk Anda yang Diet
Kompas.com/Silvita Agmasari
Parende, sup ikan segar khas Buton, Sulawesi Tenggara. 

POS KUPANG.COM, BUTON -- Parende, sup kuah ikan kuning ini begitu tersohor di Indonesia bagian Tengah sampai Indonesia bagian Timur. Tak sulit memang menjumpai makanan khas dari Buton ini. Sebab orang Buton yang terkena jago melaut memang berperan penting menyebarluaskan sajian makanan sehat nan segar ini.

Saat KompasTravel mengunjungi Buton, Sulawesi Tenggara untuk meliput acara Festival Kota Tua Buton, Senin (22/8/2016), Parende jadi menu makan siang utama di hari itu. Sup ikan segar denga kuah kuning ini membangkitkan memori saat ikut serta dalam Ekspedisi Saireri bersama WWF Indonesia bulan Mei 2016.

Hampir 15 hari, Parende jadi menu makanan langganan saya dan teman-teman di Kapal Gurano Bintang. Jangan heran, sebab koki di Kapal Gurano Bintang adalah orang Buton tulen, jadi ikan masak kuning selalu ada dimenunya.

Melihat kembali Parende membuat saya bingung, entah harus senang atau sedih. Ingatan saya mengingatkan makan parende ini membuat bobot saya turun, karena pertama parende memang sehat kedua saya bosan makan parende lebih dari seminggu hingga mengurangi porsi makan saya saat ekspedisi.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba Parende, makanan ini adalah sup kuah ikan segar dengan kuah encer kuning yang berasal dari kunyit. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat parende ada ikan segar, tomat, belimbing wuluh, daun kemangi, asam jawa atau jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan daun serai. Masukkan semua jadi satu dan jadilan Parende.

Sajian parende memang praktis, sehat, dan nikmat. Rasanya asam segar mendominasi makanan ini. Jika ingin rasa pedas Anda tinggal memotong cabe rawit di kuah parende. Kunci utama dari parende sebenarnya justru pada kesegaran ikan. Jika ikan sudah tak segar, rasa parende yang menggugah disantap bersama nasi putih atau papeda hanya tinggal kenangan.

Kandungan bahan makanan dan cara pembuatan yang direbus membuat parende menjadi makanan sehat yang sangat dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang melakukan diet.

Saya jelas sudah membuktikan parende dapat membuat bobot tubuh turun. Jangan lewatkan sajian parende saat Anda mengunjugi daerah Sulawesi Tenggara, atau jika tertarik Anda juga bisa memasak parende sendiri di rumah. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved