Berita Timor Rote Sabu

Lima Sekolah di Kupang Belajar Kesenian, Gerakan Seni Masuk Sekolah

Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan disetiap propinsi untuk menyelenggarakan kegiatan ini

Lima Sekolah di Kupang Belajar Kesenian, Gerakan Seni Masuk Sekolah
Pos Kupang/Nia
Pejabat dari Jakarta saat mendatangi SMPK St Yoseph Naokoten, Kamis (18/8/2016) 

Laporan wartawan Pos Kupang, Apolonia Matilde Dhiu

POS KUPANG.COM, KUPANG--Lima sekolah di Kota Kupang dilatih untuk mempelajari kesenian teater, seni rupa, seni tari dan seni suara melalui Gerakan Seni Masuk Sekolah oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jendaral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kelima sekolah tersebut, yakni SMP Katolik St. Yoseph Naikoten Kupang, SD Inpres Labat, SMA Negeri 1 Kupang, SMK Negeri 4 Kupang dan SMA Katolik Giovanni Kupang.

Para pelatih diambil dari para seniman lokal yang ada di Kota Kupang.

Direktorat Kesenian Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Abdillah, kepada Pos Kupang di SMP Katolik St. Yoseph Naikoten Kupang, Kamis (18/8/2016), mengatakan, Gerakan Seniman Masuk Sekolah ini dilakukan di 20 propinsi di Indonesia.

Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan disetiap propinsi untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

Sasaranya, kata dia, agar para seniman lokal bisa membantu megembangkan seniman yang ada di daerah masing-masing.

Dikatakan, para siswa bisa melibatkan diri dalam berkesenian dan belajar dari seniman daerah. Para seniman daerah bisa membagi ilmunya, mengenalkan kesenian dan budaya daerah pada siswa.

"Zaman sekarang anak sudah diracuni dengan masuknya budaya dan kesenian dari negara barat dan melupakan kesenian daerah lokalnya," ujarnya.

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved