HUT Kemerdekaan RI

Rayakan Kemerdekaan di Perbatasan, Mendes Eko Percepat Kemajuan Ekonomi Desa-Desa di Belu

Bersama empat anaknya yang masih sekolah, Mama Patronella sangat antusias menyongsong acara istimewa, yakni upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-

Rayakan Kemerdekaan di Perbatasan, Mendes Eko Percepat Kemajuan Ekonomi Desa-Desa di Belu
ISTIMEWA
Menteri Desa PDT, Transmigrasi Eko Sandjojo merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di Belu, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/8/2016). 

POS KUPANG.COM, BELU -- Mama Petronella (47), warga Dusun Fatoleno harus berjalan 3 KM naik turun bukit bebatuan menuju lapangan kantor Desa Foeka, Kecamatan Nanaet Duabesi, Belu, NTT.

Bersama empat anaknya yang masih sekolah, Mama Patronella sangat antusias menyongsong acara istimewa, yakni upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-71, 17 Agustus 2016.

Banyak kegiatan yang diselenggarakan dalam upacara ini, mula tari-tarian hingga lomba tarik tambang.

Yang lebih spesial tentunya kehadiran khusus Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Sandjojo untuk memimpin upacara sekaligus berbaur dengan masyarakat mengikuti lomba.

"Baru ini saya melihat menteri. Kami merasa senang karena banyak program dari negara yang ada sekarang," ujar Mama Petronella.

Desa Nanaet Duabesi merupakan salah satu desa di kawasan perbatasan Indonesia-Timor Leste. Jarak desa ini dengan negara tetangga tak lebih dari 3 Km.

"Suami saya tinggal di Timor Lesti, sudah tidak pulang selama 4 tahun," tutur Mama Petronella.

Wilayah Desa Nanaet yang berbukit dan tandus merupakan tantangan berat bagi masyarakat berpenduduk 657 jiwa ini. Mama Petronella adalah salah satu warga yang sehari-hari bertani.

Komoditas yang ditanam bermacam-macam, ada jagung, ubi, juga tomat dan aneka buah-buahan. Pada musim hujan, mereka juga mencari madu lebah.

Hasil pertanian ini dijual ke Pasar Atambua yang ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan menggunakan mobil truk penumpang atau puck up yang lewat kampung dua kali dalam sehari.

Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved