Agar Tidur Nyenyak, Hindari Delapan Hal Ini

Kualitas tidur dipengaruhi oleh seberapa banyak aktivitas Anda, jumlah asupan makan dan minum

Agar Tidur Nyenyak, Hindari Delapan Hal Ini
Shutterstock Ilustrasi makan cokelat
Ilustrasi makan cokelat 

POS KUPANG.COM -- Kualitas tidur dipengaruhi oleh seberapa banyak aktivitas Anda, jumlah asupan makan dan minum serta stimulasi mental, terutama beberapa jam sebelum Anda pergi tidur.

Ketika seseorang menderita insomnia, kemungkinan karena sesuatu yang mereka lakukan sebelum tidur, dan itu biasanya terjadi tanpa sengaja, jelas Michael Grandner, PhD, psikiater dan anggota Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di waktu malam, agar Anda tak merasa kesulitan memejamkan mata.

1. Menatap layar ponsel

Beberapa studi menemukan bahwa menatap layar alat-alat elektronik seperti ponsel dan TV di waktu malam dapat membuat Anda sulit tidur.

Robert Rosenberg, DO, penulis buku Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, menganjurkan Anda menghindari cahaya biru dan layar alat elektronik karena hal itu bisa mengganggu produkso hormon melatonin yang menyebabkan Anda mengantuk.

2. Makan cokelat

Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung kafein sama halnya seperti kopi. "Banyak orang tak berpikir bahwa es krim yang mengandung cokelat atau kopi dapat menjadi penganggu tidur. Mereka yang sensitif terhadap kafein, harus memerhatikan hal ini", kata Grandner.

Cokelat juga mengandung stimulan yang disebut theobromine, yang diketahui dapat menaikkan ritme jantung dan membuat otak lebih terjaga.

3. Memeriksa e-mail

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved