Ini Tandanya Kadar Gula Darah Anda Rendah

Jika sampai benar-benar parah, Anda bisa pingsan karena tubuh tidak memiliki energi.

POS KUPANG.COM--Saat kita tiba-tiba pusing dan limbung, atau mata berkunang-kunang serta mood jelek, sering kita berkata itu adalah karena kadar gula darah yang rendah. Tapi apa sebenarnya gula darah rendah itu?

Benarkan gula darah rendah yang patut disalahkan akan kondisi limbung yang Anda alami? Dan bagaimana kita tahu bahwa memang kadar gula darah kita turun pada saat itu?

"Gula darah rendah" adalah istilah yang sering kita dengar. Dalam istilah medis, kami menyebutnya hipoglikemia, kata Jessica Cording, R.D., seorang dokter di New York.

Hipoglikemia terjadi ketika kadar glukosa di dalam darah yang merupakan sumber energi Anda, kadarnya turun di bawah normal.

"Karena tubuh kita membutuhkan glukosa untuk bahan bakar, menjaga aliran glukosa darah sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh kita," jelas Karen Ansel, RDN, penulis buku The Calendar diet: A Month by Month Guide to Losing Weight While Living Your Life.

Kita mendapatkan glukosa dari makanan yang kita makan. Itulah mengapa, beberapa orang sering mengeluh pusing dan berkata gula darah mereka rendah, saat mereka terlambat makan.

Selain terlambat atau kurang makan, beberapa jenis pengobatan dan kelebihan konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan hipoglikemia. Gejalanya adalah gemetar, mudah marah, atau lemas, kata Cording.

Penderita hipoglikemia juga biasanya merasakan kecemasan, berkeringat, dan tidak bisa berkonsentrasi. Mereka dengan kondisi diabetes atau hepatitis lebih mungkin untuk mengalami komplikasi gula darah rendah dan ini bisa berbahaya bagi mereka, kata Ansel.

"Jika sampai benar-benar parah, Anda bisa pingsan karena tubuh tidak memiliki energi untuk melakukan apa yang perlu dilakukan," kata Cording.

Tetapi, untuk orang-orang dalam kondisi yang sehat, biasanya tidak ada bahaya yang akan terjadi jika mengalami gula darah rendah sementara. Beberapa orang ada yang cenderung biasa dengan kondisi kadar gula darah rendah. Mereka ini, tak akan merasa sakit atau lemas jika kadar gulanya turun sedikit.

Sebaliknya, ada juga orang yang sensitif terhadap penurunan kadar gula walau penurunannya hanya sedikit. Kadar gula darah disebut rendah, jika kurang dari 70 miligram per desiliter dan ini jarang terjadi pada orang-orang yang sehat.

Hipoglikemia bisa cepat diatasi hanya dengan Anda makan sesuatu. Namun, perlu diingat bahwa apa yang Anda makan, itu penting.

Jika seseorang memiliki diabetes maka disarankan untuk minum jus. Bagi yang sehat, disarankan untuk mengasup makanan sumber karbohidrat. Tambahkan konsumsi protein misalnya selai kacang, supaya kadar gula darah segera stabil.

Jika Anda sering mengalami hipoglikemia, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan Anda tidak memiliki (atau memiliki) masalah medis yang membuat kadar gula darah konstan atau sering turun.

Biasanya, kadar gula darah sering turun, terjadi pada orang-orang yang porsi makannya sangat sedikit, kurang dari jumlah energi yang sehari-hari mereka keluarkan. Makanlah dalam porsi yang seimbang, itulah kunci agar kadar gula darah tetap normal.*

Editor: Hyeron Modo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved