Malaka Dapat Bantuan 10 Mesin Penanam Padi

Untuk tahun 2016 Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka mendapatkan bantuan 10 mesin penanam padi (rice plant

Malaka Dapat Bantuan 10 Mesin Penanam Padi
ilustrasi

Laporan Wartawan Pos Kupang, Dion Kota

POS KUPANG.COM, MALAKA -- Untuk tahun 2016 Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka mendapatkan bantuan 10 mesin penanam padi (rice planting).

10 mesin penanam padi ini telah tiba di Malaka dan akan dibagikan kepada 10 kelompok tani yang ada di Malaka.

Hal ini diungkapkan Plt. Kadis Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak saat dijumpai pos kupang di ruang kerjanya.

Dirinya mengatakan, ke sepuluh kelompok tani yang akan menerima bantuan tersebut sudah mengajukan proposal dan memiliki operator untuk mengoperasikan mesin penanam padi tersebut.

" Mesin penanam padi ini sangat efisin. Dengan menggunkan mesin penanam padi dalam sehari petani bisa menanam bibit padi di area seluas 1 hektar. Sedangkan dengan cara manual, petani membutuhkan 20 orang tenaga kerja dan memakan waktu hingga dua hari kerja. Belum lagi ongkos biaya yang dikeluarkan. Jika dengan mesin penananam padi hanya mengeluarkan Rp. 70.000 untuk uang besin. Sedang dengan cara manual petani harus mengeluarkan biaya 1,4 juta untuk membayar tenaga upahan," ungkap Yustinus.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved