Kasus ISPA Di Nagekeo Meningkat

Perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan meningkatnya kasus Ispa di Kabupaten Nagekeo.

Kasus ISPA Di Nagekeo Meningkat
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan meningkatnya kasus Ispa di Kabupaten Nagekeo.

Berdasarkan data yang dihimpun dari unit pelayanan Puskesmas Danga di Aeramo, maupun dari Klinik Pratama St. Fransiskus Asisi Aeramo, Ispa menempati urutan teratas.

Dalam sebulan terakhir, kasus Ispa yang ditemukan di Unit Pelayanan Puskesmas Danga di Aeramo sebanyak 16 kasus, diikuti VE 15 kasus, BPH 10 kasus, dispepsia delapan kasus, observasi febris enam kasus, asma enam kasusz HT lima kasus GEA lima kasus dan observasi vaniting empat kasus.

Selain penyakit tersebut, Unit Pelayanan Puskesmas Danga juga menemukan 18 kasus gigitan anjing. Kasus gigitan tersebut bukan saja gigitan baru tetapi termasuk pasien gigitan yang sudah diberi vaksin VAR II dan III.

Menurut salah seorang petugas medis di Aeramo, data yang ada sudah termasuk pasien rawat jalan namun belum termasuk data kasus di Puskesmas Induk di Danga. Demikian juga Klinik Pratama St. Fransiskus di Aeramo. Menurut Kepala Klinik St. Fransiskus Asisi, Suster Consita, KFS yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/7/2016), mengatakan, dalam sebulan terakhir memang ada peningkatan kasus Ispa yang ditemukan pada pasien yang berobat di klinik tersebut.

"Ispa yang meningkat. Kasus lain hanya batuk pilek, Mag, tifus. Mungkin karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Kalau demam berdarah atau muntahber, belum ada," kata Suster Consita.

Yang cukup mengejutkan, yakni peningkatan data kasus kecelakaan lalu lintas. Pada bulan Pebruari sempat turun hingga berada di bawah angka 30, pada Maret 2016 meningkat menjadi 38 kasus. Belum lagi kasus kecelakaan pada bulan April sampai Juli yang tercatat di Puskesmas - puskesmas yang ada di Nagekeo.*

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved