Akan Dilakukan Ujicoba Plastik Berbayar di Seluruh Indonesia

Kami harus ujicoba dulu seluruh Indonesia karena Indonesia bukan kota kecil, begitu luasnya.

Akan Dilakukan Ujicoba Plastik Berbayar di Seluruh Indonesia
HARIAN KOMPAS/YUNIADHI AGUNG
Pembeli bersiap membawa belanjaan mereka yang dibungkus kantong plastik di sebuah pasar swalayan di Jakarta, beberapa waktu lalu. Pemerintah berencana menerapkan pembatasan kantong plastik pembungkus untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. 

POS KUPANG.COM, JAKARTA - Pemerintah ingin mendapatkan gambaran yang lebih luas dari ujicoba plastik berbayar. Oleh karena itu, ujicoba kebijakan tersebut akan dilakukan di seluruh Indonesia.

"Kami harus ujicoba dulu seluruh Indonesia karena Indonesia bukan kota kecil, begitu luasnya," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Perluasan ujicoba plastik berbayar ke seluruh daerah di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh guna melakuan evaluasi.

Nantinya evaluasi tersebut akan digunakan pemerintah pusat sebagai acuan membuat pedoman dan acuan teknis untuk pemerintah daerah (Pemda).

Seperti diketahui, ujicoba plastik berbayar dilakukan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2008, kewenangan pengelolaan sampah berada di Pemda.

"Oleh karena itu, berbagai pedoman dan acuan teknis akan diberikan pemerintah pusat," kata Siti.

Kementerian LHK sebenarnya sudah mendapatkan gambaran hasil ujicoba pertama plastik berbayar.

Namun datanya masih bervariai. Di sejumlah kota, penggunan plastik ada yang berkurang hingga 50 persen. Namun, ada juga yang hanya turun 30 persen. (kompas.com)

Editor: Paul Burin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved