Kaisar Akihito Jepang Dikabarkan akan Turun Tahta

Kaisar Jepang Akihito, yang selama menduduki tahta mencoba mengobati lukar Jepang

Kaisar Akihito Jepang Dikabarkan akan Turun Tahta
Reuters/Independent
Kaisar Akihito. 

POS KUPANG.COM, TOKYO -- Kaisar Jepang Akihito, yang selama menduduki tahta mencoba mengobati lukar Jepang akibat Perang Dunia II, berencana lengser dalam beberapa tahun ke depan. Demikian dilaporkan NHK.

Kaisar berusia 82 tahun itu, yang pernah menjalani pembedahan jantung dan perawatan kanker prostat, menyatakan niatnya itu kepada Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

NHK tidak menyebut alasan rencana itu dan para petinggi pengurus rumah tangga kekaisaran belum dapat dihubungi terkait hal ini.

Kantor berita Kyodo, mengutip sejumlah sumber pemerintahan, mengatakan, niat mundur dari tahta sudah disampaikan Akihito dalam setahun terakhir.

Sementara pemberitaan lain, yang mengutip pernyataan seorang pejabat senior rumah tangga kekaisaran, Kyodo mengabarkan, kabar tersebut sudah dibantah.

Akihito memang diketahui sudah banyak mengurangi kegiatan kenegaraannya dan sudah melimpahkan sebagian tanggung jawabnya kepada putra mahkota, Pangeran Naruhito (56).

Lahir pada 1933, Akihito adalah pewaris tahta Kaisar Hirohito, yang memimpin Jepang di masa Perang Dunia II.

Akihito, yang bersuara lembut itu, menandai perayaan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II tahun lalu dengan menyampaikan "penyesalan terdalam".

Hal ini dilihat sebagian kalangan sebagai sebuah upaya untuk mengukuhkan warisan pasifisma di bawah tekanan para politisi nasionalis dan konservatif.

"Melihat ke masa lalu, kita bersama menyesali terjadinya perang, saya berdoa agar tragedi perang ini tak terulang dan bersama-sama dengan rakyat saya menyampaikan bela sungkawa bagi mereka yang tewas di medan perang dan akibat kekejaman perang," kata Akihito saat itu.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved