RI Impor Daging Beku Kerbau dari India

Rencana pemerintah mengimpor daging kerbau beku asal India sepertinya sudah bulat.

RI Impor Daging Beku Kerbau dari India
Shutterstock
Daging merah 

POS KUPANG. COM, JAKARTA - Rencana pemerintah mengimpor daging kerbau beku asal India sepertinya sudah bulat. Setelah mengirimkan tim untuk mengaudit Rumah Potong Hewan (RPH) di India beberapa waktu lalu, pemerintah menetapkan RPH yang bakal memasok daging beku ke Indonesia.

Banjir kritik bakal dialamatkan kepada pemerintah atas rencana nekat untuk impor daging asal India. Pasalnya, Organisasi Kesehatan Hewan Dunia atau World Organizatuon for Animal Health (OIE) menyebutkan bahwa Negeri Sungai Gangga tersebut belum terbebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang lazim menyerang hewan ternak.

Namun, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan importasi daging dari India dilakukan di zona-zona yang dinyatakan bebas PMK. "Kepastian ini diperoleh dari hasil pengecekan langsung ke RPH di India yang dinyatakan bebas dari PMK dan memenuhi prosedur halal yang dibutuhkan di Indonesia," ujarnya, Kamis (23/6). Dia yakin masuknya daging impor India ke Indonesia, maka harga daging sapi dapat ditekan menjadi Rp 80.000 per kg.

Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian menambahkan, Kemtan telah memiliki tim yang menyelidiki kesehatan hewan dari negara tujuan sebelum resmi memutuskan mengimpor daging dari India. Menurutnya, Badan Karantina tetap melakukan analisa risiko terhadap RPH tersebut secara kontinyu. "Kami ingin nantinya semua proses di RPH yang ditunjuk pengawasannya berada dibawah petugas karantina Indonesia," ujarnya.

Banun bilang Badan Karantina akan mengawal pembelian daging impor itu mulai dari RPH sampai disegel di pelabuhan sehingga dari sisi keamanannya dapat dijamin kesehatannya. (kontan)

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved