Ilmuwan Temukan Cara Turunkan Risiko Kanker Payudara

Menganalisa jaringan payudara yang rentan terhadap kanker, para ilmuwan Australia menemukan bahwa protein

Ilmuwan Temukan Cara Turunkan Risiko Kanker Payudara
Shutterstock
Ilustrasi kanker payudara 

POS KUPANG.COM -- Menganalisa jaringan payudara yang rentan terhadap kanker, para ilmuwan Australia menemukan bahwa protein yang menjadi pencetus tumbuhnya sel pra-kanker, yang juga menyebabkan osteoporisis, dapat terhalang oleh obat osteoporosis umum.

"Hal ini sangat menarik, merancang cara untuk mencegah jenis kanker payudara pada wanita yang berisiko tinggi karena faktor genetik," kata penulis studi Jane Visvader.

Studi yang diterbitkan Nature Medicine , melihat jaringan payudara pada tikus dan tiga wanita dengan mutasi genetik BRCA1 yang berisiko tinggi memunculkan kanker payudara yang agresif.

Ketika obat osteoporosis denosumab diaplikasikan ke jaringan, sel-sel pra-kanker berhenti membelah. Untuk 1 di antara 400 perempuan yang membawa gen kanker, ini bisa menjadi jalan lain selain operasi.

Seorang wanita Australia Kylie Gellie, yang melakukan operasi pengangkatan payudara, ovarium, dan saluran tuba, mengatakan bahwa penemuan ini bisa memberi harapan bagi kedua anak perempuannya yang mungkin mewarisi gen kanker untuk menghindari operasi.

"Mungkin mereka tidak harus melalui langkah-langkah drastis, seperti yang saya lakukan atau setidaknya memberikan mereka harapan lebih," kata dia.

Peneliti mencatat, sebuah uji coba terhadap manusia yang lebih luas harus dimulai dalam waktu dua tahun untuk mendapatkan pengobatan kanker payudara yang efektif. (Kompas.com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved