Penertiban Orang Gila di Jalan Raya Kewenangan Petugas Kesehatan

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, dr. Joice Kansil menyatakan pihaknya tidak berwenang menertibkan dan menangkap orang gila yang berkeliaran di jalan d

Penertiban Orang Gila di Jalan Raya Kewenangan Petugas Kesehatan
PK/VEL
Dokter Joice Kansil 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Muhlis Al Alawi

POSKUPANG.COM, KUPANG -- Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, dr. Joice Kansil menyatakan pihaknya tidak berwenang menertibkan dan menangkap orang gila yang berkeliaran di jalan di wilayah Kota Kupang.

Untuk menertibkan dan menangkap orang gila yang berkeliaran di jalan raya menjadi kewenangan petugas Dinas Kesehatan Kota Kupang.

"Saya sudah memberikan kontak nomer hand phone 11 kepala puskesmas yang ada di Kota Kupang kepada satpol pp dan lurah di Kota Kupang. Pasalnya selama ini pemahaman orang bahwa instansi yang berwenang menangkap orang gila yang berkeliaran di jalan raya adalah tugas dinas sosial," ujar dr. Joice kepada Pos Kupang, Rabu (22/6/2016) siang.

Menurut Joice penanganan orang gila yang berkeliaran di jalan raya harus tetap dilakukan petugas dari dinas kesehatan. Dengan demikian bila ada razia orang gila di jalan raya maka petugas satpol PP tinggal berkoordinasi dengan petugas puskesmas di wilayah penangkapan orang gila tersebut. Setelah mendapatkan informasi dari satpol pp, maka petugas puskesmas akan datang dengan membawa mobil ambulan bersama beberapa petugas kesehatan untuk mengevakuasi orang gila tersebut ke rumah sakit.*

Penulis: alwy
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved