Breaking News:

Kiat Ajari Anak Berpuasa

Berpuasa bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk anak-anak. Sebab, anak-anak belum terbiasa untuk tidak bisa makan

Editor: Rosalina Woso
Shutterstock
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Berpuasa bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk anak-anak. Sebab, anak-anak belum terbiasa untuk tidak bisa makan dan minum kapan saja sesuka mereka dan menahan rasa lapar.

Puasa tidak hanya menahan hawa nafsu untuk makan, tetapi juga harus menjaga perilaku dan juga perbanyak ibadah.

"Mengajarkan anak berpuasa tentu diawali dengan modeling, orangtua perlu memberikan contoh," ujar Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog kepada Kompas.com melalui pesan singkatnya, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Nana pun menjelaskan bahwa mengajari anak berpuasa tidak hanya bergantung pada modeling dari orangtua, tetapi juga dukungan dari lingkungan sekitar, seperti kakak, sepupu, dan anak-anak seusianya untuk ikut berpuasa.

Melalui orang-orang sekitarnya, maka anak pun akan lebih termotivasi lagi untuk berpuasa, sehingga mereka bisa diterima dan menjadi bagian dari lingkungan sosial.

Selain itu, faktor lain yang sangat berpengaruh adalah orangtua harus memberi pemahaman akan tujuan dan manfaat berpuasa yang akan diperoleh oleh anak.

Pemahaman ini harus diberikan sedini mungkin terhadap anak-anak agar mereka mengerti bahwa kegiatan berpuasa ini memiliki manfaat dan tujuan. Selain dari orangtua, sebenarnya pemahaman ini juga bisa didapatkan anak dari sekolah, pengajian, dan media seperti televisi, radio, majalah, dan online.

"Berpuasa tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Proses agar mampu berpuasa penuh juga dilakukan dengan tahapan-tahapan dan bisa diajarkan sedini mungkin," tutupnya. (Kompas.Com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved