Bupati dan Wabup Manggarai Kesal Sikap Petugas Puskesmas

Delapan dari 45 petugas PNS, honorer dan harian lepas bekerja di Puskesmas Ponggoek tidak mengisi daftar hadir selama beberapa pekan.

Bupati dan Wabup Manggarai Kesal Sikap Petugas Puskesmas
Pos Kupang/Egy Moa
Bupati Manggarai di Pulau Flores, Dr.Deno Kamelus, S.H, (kopiah)

Laporan Wartawan Pos Kupang, Egy Moa

POS KUPANG.COM, RUTENG - Kedatangan mendadak Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H, dan Drs. Victor Madur, Selasa siang (14/6/2106) ke Puskesmas Ponggeok dan Puskesmas Iteng di Kecamatan Satarmese, membuat semua petugas di dua tempat pelayanan kesehatan masyarakat itu kelimpungan. Kehadiran petugas, pelayanan kepada pasien dan kebersihan lingkungan disoroti.

Delapan dari 45 petugas PNS, honorer dan harian lepas bekerja di Puskesmas Ponggoek tidak mengisi daftar hadir selama beberapa pekan.

Kolom pengisian dibiarkan kosong. Pengelola puskesmas beralasan, petugas bersangkutan sedang cuti melahirkan dan ada yang sakit, meski sulit memperlihatkan bukti surat sakit. Kamelus dan Victor yang didampingi Kadis Kesehatan Manggarai, dr. Yulianus Weng, M.Kes, tampak kesal menyaksikan keadaan itu.

Kehadiran mendadak itu dilakukan dalam perjalanan ke Woa, Desa Koak, Kecamatan Satermese di pantai selatan Pulau Flores, untuk berkantor perdana di desa itu.

"Kerja pakai hati layani pasien dan ibu hamil. Jangan terbawa dengan politik pemilukada yang sudah lewat merusak kerja setiap hari," ujar Kamelus kepada staf pengelola puskesmas.

Kekesalan Kamelus sedikit terobati ketika mendatangi ruang pelayanan ibu hamil (bumil). "Saya senang dengan kreativitas membuat simbol warna merah untuk bumil berisiko, warna kuning (peringatan) dan warna hijau (kehamilan yang normal). Pertahankan dan tingkatkan pelayanan seperti ini. Saya risau situasi angka kematian ibu melahirkan di RSUD Ruteng," kata Kamelus. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved