Anggota TNI AL Ditangkap Saat Bawa Uang Palsu Rp 300 Juta

Badan Reserse Kriminal Polri menangkap seorang anggota TNI bernama AL dan swasta bernama M di halaman parkir Rumah Sakit UKI Cawang, Jakarta Timur. Da

Anggota TNI AL Ditangkap Saat Bawa Uang Palsu Rp 300 Juta
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Badan Reserse Kriminal Polri menangkap seorang anggota TNI bernama AL dan swasta bernama M di halaman parkir Rumah Sakit UKI Cawang, Jakarta Timur. Dari keduanya, polisi menyita 3.000 lembar uang palsu pecahan Rp 100.000.

"Uang palsu diakui milik saudara AL. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui AL adalah anggota TNI," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Kombes Pol Agung Setya saat dikonfirmasi, Selasa (7/6/2016) malam.

Karena AL merupakan anggota TNI, maka proses hukum diserahkan ke Polisi Militer TNI. Sementara Bareskrim Polri hanya menangani M untuk diperiksa lebih lanjut.

"M masih dalam proses penyidikan subdit uang palsu Bareskrim untuk dikembangkan," kata Setya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengakui, jumlah uang palsu yang beredar mengalami peningkatan.

Adapun upaya pemberantasan dan tindak pencegahan uang palsu dilakukan bank sentral bersama dengan kepolisian. Selain itu, bank sentral juga bekerja sama dengan pengadilan untuk meningkatkan hukuman.

Ronald menjelaskan, daerah penemuan uang palsu terbesar di Pulau Jawa. Adapun peningkatan peredaran uang palsu diakui Ronald mengalami peningkatan antara 13 hingga 15 persen dan terjadi setiap tahun.

Terakhir, polisi menangkap delapan tersangka pengedar dollar palsu ditangkap polisi di tiga tempat berbeda di wilayah Jakarta. Dari mereka, polisi menyita uang dollar palsu pecahan 100 dollar AS sebanyak1.581 lembar.

Mereka mengaku mendapatkan uang dolar palsu dari tersangka WLM yang beralamat di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun sampai saat ini, WLM masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). (Ambaranie Nadia Kemala Movanita/Kompas.com)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved