Maumere Alami Deflasi 0,01 persen

Jika di kota Kupang mengalami inflasi, kota Maumere justru deflasi 0,01 persen. Komoditas yang menjadi pendorong deflasi yaitu sawi hijau, -0,08 perse

Maumere Alami Deflasi 0,01 persen
Pos Kupang/Yeni Rachmawati
Ilustrasi :Kepala BPS Provinsi NTT, Maritje Pattiwaellapia, tengah memaparkan mengenai deflasi dan inflasi yang terjadi di kota Kupang dan Maumere di Aula Rapat lantai II Kantor BPS NTT, Selasa (1/3/2016). 

Laporan Wartawan, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG -- "Jika di kota Kupang mengalami inflasi, kota Maumere justru deflasi 0,01 persen. Komoditas yang menjadi pendorong deflasi yaitu sawi hijau, -0,08 persen," tutur Kepala BPS Provinsi NTT, Maritje Pattiwaellapia.

Ia menjelaskan NTT mengalami inflasi sebesar 0,61 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 125,38. Dari dua kota IHK di NTT, kota Kupang terjadi inflasi sebesar 0,70 persen dengan IHK 126,63 sedangkan kota Maumere mengalami deflasi sebesar 0,01 persen dengan IHK 117,15 persen.

Dikatakan Maritje inflasi yang terjadi di NTT karena adanya kenaikan indeks harga pada lima dari tujuh kelompok pengeluaran, dengan kenaikan indeks tertinggi terjadi pada kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan yang diikuti kelompok bahan makanan.*

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved