Berita Flores Lembata Alor

Lembata Siap Menjadi Kabupaten Sorgum

Jika provinsi kita diminta memiliki produk tanaman unggulan, misalnya, NTT menyebut siap menjadi provinsi jagung

Lembata Siap Menjadi Kabupaten Sorgum
POS KUPANG/JOHN TAENA
Panen Sorgum di Lembata 

Laporan Wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM, LEMBATA -- "Jika provinsi kita diminta memiliki produk tanaman unggulan, misalnya, NTT menyebut siap menjadi provinsi jagung, maka kami siap menyuarakan Lembata sebagai kabupaten sorgum," demikian Ketua DPRD Lembata Ferdinandus Koda, saat acara panen raya sorgum di Desa Waikerong, Kecamatan Nagawutun, Selasa (10/5/2016).

DPRD Lembata, kata Koda, mendukung pengembangan plasma nutfah lokal sebagai pangan pokok unggulan. Selain itu pihaknya juga siap utuk menyuarakan kabupaten itu menjadi sentra sorgum. Jenis tanaman tersebut dinilai lebih mengahsilkan dibanding padi dan jagung di daerah itu.

Meskipun secara nasional, pemerintah pusat menargetkan swasembada beras jagung dan kedelai, namun Lembata harus berani menyuarakan sorgum sebagai tanaman unggulan. "Jika dilihat kenyataannya hari ini ternyata sorgum justru menghasilkan lebih baik di daerah ini," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman yang ada, sejauh ini ini sorgum belum masuk dalam program pendanaan pertanian di Lembata. Sementara tanaman pangan tersebut sudah mulai dijadikan sebagai bahan makanan pengganti beras.

Dikatakanya, "Sebenarnya kita sudah suarakan kepada eksekutif, cuma saat RKA (Rapat Kerja Anggaran,red) tidak dimasukkan, padahal arahan kita (dewan) sudah jelas. Jadi kita harapkan program pertanian pemerintah pusat hingga daerah dapat berpihak pada petani sorgum."

Ketua DPRD Lembata berjanji untuk memperjuangan nasib para petani sorgum di Desa Waikerong, Kecamatan Nagawutun. "Akan coba kita perjuangkan di masa sidang kedua yang mulai pada bulan Mei ini, harapannya sorgum dapat juga diberikan anggaran di 2017," tandasnya.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved