Walikota Kupang Bantu Rp 50 Juta Saat HUT Gereja Kaisarea

Ketua Panitia HUT-ke-26 Jemaat Kaiserea, Damita Fanggidae Palalangan, mengatakan, rangkaian Paskah dan kegiatan memperingati ulang tahun gereja

Walikota Kupang Bantu Rp 50 Juta Saat HUT Gereja Kaisarea
ist
Sekot Kupang, Bernadus Benu, SH saat berincang dengan ketua majelis jemaat Gereja Kaisera, Kolhua, Kupang pada peringatan HUT ke 26 Gereja Kaisera BTN Kolhua, Minggu (27/3/2016) 

POS KUPANG.COM KUPANG - Perayaan Paskah dipadukan Ulang Tahun ke 26 Gereja Kaisarea BTN Kolhua, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang membantu biaya untuk pembangunan Gereja Kaisera Kota Kupang sebesar Rp 50 Juta.

Bantuan diberikan secara simbolis Sekretaris Kota (Sekot) Kupang, Bernadus Benu, SH mewakili Walikota Kupang, Jonas Salean, SH, M.Si usai ibadah pawai kemenangan Paskah, sekaligus ibadah syukuran peringatan ulang tahun ke 26 Gereja Kaiserea, BTN Kolhua, Minggu (27/3/2016).

Walikota Kupang, Jonas Salean, dalam sambutannya yang dibacakan, Sekertaris Kota Kupang, Bernadus Benu mengatakan, hal utama yang perlu dimaknai dari peringatan ulang tahun jemaat adalah bagaimana ungkapan syukur ini mampu mengisyaratkan adanya hubungan iman yang harmonis antara jemaat dengan Kristus sebagai kepala gereja yang didalamnya tersirat pengakuan jemaat terhadap kebesaran Allah yang maha kuasa.

"Jemaat yang menginjak usia ke-26 mencerminkan fase kedewasaan dan kematangan. Dalam proses kedepan, kiranya ciri kedewasaan jemaat harus lebih ditonjolkan melalui -bentuk kesadaran entitas Kristiani yang mampu menilai perspektif dunia yang tumbuh dan berkembang, sekaligus dapat menerjemahkan pengalaman hidup untuk mempertegas eksistensi kekristenan," kata walikota dalam pesannya.

Pada kesempatan itu walikota berpesan, kepada Jemaat Kaiserea agar tetap berada dalam keberagaman dan harus disikapi dengan kasih yang kongkrit.

"Saya sangat mengharapkan, jemaat Kaiserea mampu memainkan perannya sebagai stabilisator, saluran perubahan sosial dan dapat melakukan proses penyesuaian nilai dan norma yang mampu beradaptasi terhadap trend perubahan lokal," Kata. Walikota.

Ketua Panitia Perayaan Paskah, sekaligus Ketua Panitia HUT-ke-26 Jemaat Kaiserea, Damita Fanggidae Palalangan, mengatakan, rangkaian kegiatan Paskah dan kegiatan memperingati ulang tahun gereja Kaiserea ke-26 sudah berlangsung sejak Februari lalu.

Kegiatan-kegiatan yang sudah dulakukan diantaranya, kebaktian pembukaan perayaan Paskah sejak 7 Februari lalu. Kemudian diikuti kegiatan pra-paskah dari tahap I hingga tahap VI, lalu ian Jumat Agung pada 25 Maret lalu hingga Paskah serta HUT Kaiserea.

Selain itu masih ada dua kegiatan tambahan, yaitu kegiatan pada saat hari Kenaikan Tuhan Yesus pada 5 Mei 2016, dan hari Pentakosta nanti yang diakhiri dengan kegiatan jalan santai pada hari yang sama.

Selain itu, ada sejumlah kegiatan lain yang telah dilakukan, seperti lomba cerda cermat, pembagian alkitab dan pembagian bahan sembilan kebutuhan pokok bagi masyarakat nelayan dipesisir pantai Kota Kupang. Semua kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan dan menumbuhkembangkan iman jemaat Kaiserea

Sebelumnya, ibadah Kemenangan Paskah, dan HUT Kaiserea yang ke-26, dimulai tepat pukul 08.00 dipimpin Pdt.Jhon Campbell Nelson. Ibadah dikuti hampir seribu Jemaat Kaiserea. Ibadah selesai pukul 10.00 Wita dilanjutkan dengan ramah tamah antar Jemaat Kaiserea.

Pada kesempatan itu, Ketua Seksi Liturgi, Yes Therik mengatakan, selama persiapan masa Paskah, ada sebelas tahapan kegiatan masa pra Paskah, diantaranya, pembukaan perayaan Paskah dengan thema "Tuhan Adalah Gembalaku," untuk tahap I.

Tahap II, Sahabatku Penuntun Dalam Kebenaran, Tahap III, Sahabat Yang Siap Menderita, Tahap IV, Sahabat Yang Mengenal Hati, Tahap V, Hidup Dalam Terang Sang Sahabat, Tahap VI, Sahabat Sejati Rela Memberikan Nyawanya, dan Tahap VII, dengan Thema Tuluskah Pujianmu Bagi Sang Sahabat.

Selain itu, untuk Tahapan VIII, pada Jumat agung, themanya, Kematian Sahabatku Menghidupkan Kasihku, Tahapan IX Hari Ulang Tahun (HUT) Kaeserea dan Paskah, Hidup Dalam Kasih Karunia Sang sahabat. Kemudian pada masa kenaikan dan pada saat hari pencurahan roh kudus Pentakosta. (fen)

Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved