Breaking News:

Kisah Penjual Pisang Goreng Dapat Predikat Cum Laude untuk S2 IPB

Susi berhasil menamatkan studi masternya di IPB dan menggondolnya dengan predikat cum laude. Ia resmi menyandang Magister Sains (Msi) di nama belakang

Editor: Alfred Dama
Tribun Bogor/Damanhuri
Susi Sianturi berhasil menyelesaikan S2 IPB dan meraih predikat cum laude, berfoto bersama orangtuanya, Rabu (23/3/2016). 

POS KUPANG.COM, DRAMAGA -- Haru sekaligus bangga dirasakan Susi Sianturi ketika pembawa acara menyebut namanya saat upacara wisuda mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Susi berhasil menamatkan studi masternya di IPB dan menggondolnya dengan predikat cum laude. Ia resmi menyandang Magister Sains (Msi) di nama belakangnya.

Asal tahu saja, perjalanan dan perjuangan panjang harus dilalui Susi untuk memperoleh semua itu.

"Saat S1 saya kuliah di IPB juga, mengambil jurusan peternakan. Terus saya nyambung S2 lagi di IPB," kata Susi kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (23/3/2016).

Sembilan tahun lalu, Susi mengambil sarjana harus dengan perjuangan. Di sela waktunya untuk kuliah, ia berjualan pisang goreng, karena orangtuanya di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Tiap bulan ia hanya dapat kiriman Rp 300 ribu.

Setiap Subuh selama semester satu dan dua, Susi berjualan pisang goreng di lingkungan asrama putri. Hasilnya lumayan, Rp 30 ribu ia dapat per hari.

Uang itu ia gunakan untuk biaya sehari-hari dan membeli perlengkapan kuliah. Masuk semester tiga, ia menjalani usaha kecil-kecilan bersama rekannya. Setiap Minggu, ia berjualan perabotan yang diperlukan mahasiswa.

"Jadi tiap Minggu saya dan teman saya berjualan sambil buka stan. Hasilnya lumayan juga," terang dia.

Masuk semester empat, Susi kembali mencari tambahan uang dan bekerja sebagai guru les siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Penghasilannya lebih besar ketimbang berjualan, yakni sekitar Rp 900 ribu per bulan.

Susi kemudian mengajar matematika untuk siswa sekolah menengah pertama dan semua pelajaran siswa sekolah dasar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved