Menunggu Badan Otoritas kelola Candi Borobudur

Sebagai BUMN, pihaknya tentu patuh pada apa yang menjadi keputusan pemerintah

POS KUPANG.COM, MAGELANG - "Wait and see," begitu kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Chrisnamurti Adiningrum ketika ditanya tentang rencana pembentukan Badan Otoritas Borobudur yang bakal mengelola Candi Borobudur ke depan.

"Kami menunggu kebijakan pemerintah, rencana pembentukan Badan Otoritas Borobudur masih digodok di tingkat pusat," katanya.

Candi Borobudur saat ini dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang merupakan Badan Usaha Milik Negara berkantor pusat di Prambanan.

Sebagai BUMN, pihaknya tentu patuh pada apa yang menjadi keputusan pemerintah.

Hingga saat ini, katanya, pengelolaan Candi Borobudur masih menggunakan program lama yang mencoba mempersiapkan zona III kawasan Candi Borobudur untuk parkir dan kios-kios.

"Kami belum berani ngomong, tunggu saja hasil kajian pemerintah tentang Badan Otoritas Borobudur tersebut," katanya.

Seperti diketahui, rencana pembentukan Badan Otoritas Borobudur sebagai upaya mewujudkan Candi Borobudur destinasi wisata utama bertaraf internasional mengemuka saat Presiden Joko Widodo mengunjungi Candi Borobudur pada 29 Januari 2016.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan hasil rapat terbatas sejumlah menteri dengan Presiden Joko Widodo di Hotel Manohara, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Arief Yahya menyampaikan melalui Badan Otoritas Borobudur maka Candi Borobudur dikelola secara terintegrasi, pertanggungjawabannya langsung kepada presiden, latar belakang pembentukan badan itu karena selama ini candi Borobudur adalah single destination, namun multi-management.

Menurut dia, Badan Otoritas Borobudur ditargetkan pada triwulan pertama 2016 bakal bekerja di bawah koordinasi Menteri Koordinator Kemaritiman, sedangkan ketua pelaksananya Menteri Pariwisata.

Halaman
123
Editor: Marsel Ali
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved