Hari Valentine

Gembok Cintamu di Jembatan Liliba Kupang

Sejak dua tahun terakhir, tepat tanggal 14 Februari, para muda-mudi warga Kota Kupang yang ingin

Gembok Cintamu di Jembatan Liliba Kupang
POS KUPANG/JUAN SELI
Sepasang remaja sedang melihat gembok cinta di Jembatan Liliba, Kupang. 

POS KUPANG.COM - Fenomena menunjukkan bukti cinta kepada pasangan dengan cara menggantungkan love padlock atau gembok cinta di jembatan yang terjadi di sejumlah belahan dunia kini 'menyebar' sampai ke Kota Kupang, Provinsi NTT.

Sejak dua tahun terakhir, tepat tanggal 14 Februari, para muda-mudi warga Kota Kupang yang ingin mengikrarkan cintanya, akan datang ke Jembatan Liliba. Di jembatan yang berada di Kelurahan Liliba, Kota Kupang inilah mereka menaruh dan mengunci gembok di pagar jembatan lalu membuang kuncinya ke Kali Liliba di bawah jembatan. Cara ini dipercaya membuat cinta mereka abadi.

Disaksikan Pos Kupang, puluhan gembok cinta alias slot cinta tergantung pada beberapa ruas pagar besi kawat yang ada di kiri kanan jembatan Liliba. Pada setiap slot yang berwarna warni itu tertulis sejumlah kata yang diduga adalah nama-nama pemiliknya seperti Lisa, AR Love OS; dan TT.

Menurut cerita warga setempat, gembok itu dipasang oleh sejumlah remaja putra dan putri sejak beberapa tahun lalu, teristimewa pada tanggal 14 Februari. Andrian, warga Kelurahan Oebobo yang ditemui di Jembatan Liliba, Kamis (11/2/2016) sore, menjelaskan, slot cinta itu merupakan lambang cinta, kesetiaan dan lambang ikrar cinta dari pasangan kekasih. Dia percaya dengan memasang gembok bertuliskan nama akan membuat cinta mereka abadi sepanjang masa.

Adrian mengaku mengetahui soal gembok cinta itu dari sejumlah temannya yang pernah memasang gembok cinta di sana."Setelah pasang slot cinta itu di besi jembatan, kunci slot dibuang ke Kali Liliba. Katanya dengan 'menghilangkan' atau melemparkan kunci gembok itu ke kali, cinta akan abadi," ujarnya.

Biasanya, setelah memasang slot cinta, pasangan muda-mudi tak lupa mengabadikannya dengan foto di jembatan itu. Tidak saja pasangan kekasih, warga lainnya sering menjadikan jembatan Liliba menjadi objek wisata foto pada sore hari.

Saat berada di jembatan itu, Anda perlu hati-hati karena arus lalu lintas dua arah di cukup padat. Saat melewati jembatan itu Anda akan merasakan getaran saat kendaraan melintas. Di situlah Anda bisa merasakan ketengangan yang memacu andrenalin.

Tradisi menyematkan gembok cinta di jembatan sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat di sejumlah negara. Sedikitnya ada tujuh negara yang terkenal dengan jembatan gembok cintanya. Pertama, Pont des Arts atau Passerelle des Arts merupakan jembatan bagi pejalan kaki di Kota Paris, jembatan ini membentang di atas Sungai Seine. Jembatan ini juga disebut dengan nama lover bridge atau kissing bridge.

Sekitar ribuan Traveler tiap tahun datang ke Pont des Arts untuk mengabadikan cinta mereka. Jembatan ini sempat runtuh karena terlalu berat oleh love padlock sehingga sempat ditutup pemerintah setempat dan dibuka kembali pada Juni 2014 lalu.

Kedua, Huangshan China adalah daerah pegunungan di wilayah Anhui Provinsi China Timur. Tempat ini diberi julukan 'gunung paling romantis di China'. Di pegunungan ini terdapat 'jembatan fairytale' yang banyak terdapat gantungan love padlock.

Ketiga, Namsan Tower di Seoul Korea Selatan yang merupakan menara observasi dan telekomunikasi untuk menandakan titik tertinggi di Seoul. Di pagar bagian bawah menara ini dipenuhi gembok cinta. Saking populernya tempat ini, maka ada satu bagian menara yang sengaja dibuat sebuah tanda yang bertuliskan 'Sebuah janji untuk cinta yang tiada akhir, i love you!'.

Keempat, Enoshima yakni pulau kecil di Jepang, Enoshima berasal dari kata 'Neko- Shima' yang artinya Pulau Kucing, salah satu tempat romantis di Negeri Sakura. Di puncak bukit Pulau Enoshima ini terdapat menara observasi dan di dekatnya terdapat love cove atau teluk cinta. Di tempat ini ada lonceng yang sering dibunyikan pasangan kekasih sebagai tanda keabadian cinta mereka. Dan di dekat lonceng itulah bergantung banyak sekali gembok cinta yang bertuliskan nama pasangan.

Kelima, Jembatan Ponte Milvio Rome Italy, adalah salah satu dari sekian banyak tempat untuk menggantungkan gembok cinta. Setelah dipasang, kunci gembok itu langsung dibuang ke Sungai Tiber yang ada di bawah jembatan.

Keenam, Luzkhov Bridge Russia berupa tiang-tiang yang bentuknya menyerupai pohon untuk menggantungkan gembok cinta. Tiang dibuat pemerintah setempat untuk masyarakat yang ingin mengabadikan cintanya. Ketujuh, Pécs di Hungaria merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Jumlah love padlock sangat banyak. Upaya pemerintah setempat untuk mencegah penambahan gembok cinta di jembatan tersebut, tidak berhasil. (novemy leo)

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved