Fraksi PDI-P Anggap Masinton Tak Perlu Minta Maaf, Cukup Klarifikasi ke Nasdem

Nasdem meminta PDI-P menegur Masinton dan memberinya waktu 3 x 24 jam sejak surat diterima untuk meminta maaf di media

POS KUPANG.COM, JAKARTA - Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan di DPR menilai, anggotanya, Masinton Pasaribu, tak perlu meminta maaf atas pernyataannya dalam rapat Komisi III DPR yang menyinggung Partai Nasdem. Masinton cukup menjelaskan maksud dari pernyataan itu.

"Bukan minta maaf, melainkan mengklarifikasi pernyataan yang menimbulkan salah paham dan pengertian dengan bahasa yang tidak mengumbar tuduhan atau bermuatan spekulasi," kata Wakil Ketua Fraksi PDI-P Hendrawan Supratikno saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2016).

Fraksi Nasdem sebelumnya mengirimkan surat somasi kepada Pimpinan Fraksi PDI-P pada 21 Januari 2016.

Dalam surat tersebut, Nasdem mengaku keberatan dengan sikap Masinton dalam rapat Komisi III tanggal 20 Januari, yang mengingatkan Jaksa Agung Prasetyo bahwa dalam kasus-kasus Freeport dan Mobile 8 ada pertarungan antargeng, sementara dalam kasus Mobile 8 ada pertarungan Surya Paloh dan Hari Tanoesoedibjo.

Nasdem meminta PDI-P menegur Masinton dan memberinya waktu 3 x 24 jam sejak surat diterima untuk meminta maaf di media.

"Dalam forum resmi DPR, hak bicara anggota dilindungi hukum. Meski demikian, komunikasi informal untuk menghindari kesalahpahaman tetap penting dilakukan," ucap Hendrawan.

Ketua DPP PDI-P ini meyakini, ucapan Masinton itu tidak dimaksudkan untuk merusak hubungan PDI-P dan Nasdem yang selama ini terjalin dengan baik sebagai parpol pendukung pemerintah.

Dia berharap, pimpinan Fraksi PDI-P dan Nasdem bisa segera bertemu untuk membicarakan masalah ini.

"Kami selalu mengingatkan anggota untuk menjaga kesantunan dan fatsun politik. Memang gaya bicara Masinton terkesan gaya bicara seorang striker, padahal orangnya sebenarnya hangat," ucap Hendrawan.

Masinton sebelumnya mengaku telah menerima surat keberatan yang dilayangkan Fraksi Nasdem.

Meski demikian, ia menegaskan tak akan meminta maaf kepada Nasdem atas pernyataan yang ia lontarkan.

Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Platte menyesalkan sikap Masinton itu. Jika Masinton tak mengubah sikapnya sampai batas waktu yang ditentukan, Nasdem akan mengambil langkah hukum dan langkah-langkah lain yang dianggap perlu.

Johnny menambahkan, Nasdem siap dengan konsekuensi politik bahwa hubungan dengan PDI-P merenggang akibat somasi ini. (kompas.com)

Editor: Marsel Ali
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved