Uskup Turang : Imamat Adalah Anugerah dari Tuhan

Mereka belajar bagaimana kebijaksanaan di keuskupan dan bersama para imam yang lain dalam pelayanan.

Uskup Turang : Imamat Adalah Anugerah dari Tuhan
Maxi Marho
Uskup Turang : Imamat Adalah Anugerah dari Tuhan POS KUPANG.COM, KUPANG - Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang ditemui terpisah di keuskupan, mengatakan imamat adalah anugerah dari Tuhan bagi siapa yang dipilih. Mereka yang dipilih menjadi imam harus memberi pelayanan kasih bagi umat. Oleh karena itu, para imam harus menyadari bahwa tugas pelayanannya ada di dalam gereja. Mereka belajar bagaimana kebijaksanaan di keuskupan dan bersama para imam yang lain dalam pelayanan. Mereka terima karunia cuma-cuma jadi harus memberi dengan cuma-cuma. Oleh karena itu, para imam harus bangun persahabaran di kalangan para imam dan kegembiraan bersama masyarakat setempat dimana mereka melakukan pelayanan, kata Uskup Turang. Para Imam, kata Uskup Turang, hanya mempunyai tugas untuk memberikan dirinya bagi pelayanan hidup iman umat, dan tidak mencari kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Hal ini agar para imam mampu melaksanakan tugas perutusannya. karena itu, mereka harus melakukannya dengan kesetiaan dan penuh ketaatan dalam hubungan dengan Tuhan, bersahabat dengan Yesus Kristus sebagai sumber kekuatan Ilahi untuk pelayanan. Mengenai pentahbisan sepuluh imam baru, Uskup Petrus Turang mengatakan, kesepuluh diakon tersebut nantinya akan ditahbiskan menjadi imam baru oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi di Taman Ziarah Yesus dan Maria Oebelo-Kabupaten Kupang, Selasa (8/12/2015) pukul 08.30 Wita. Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi akan tiba di Kupang dengan Pesawat Garuda tanggal 7 Desember 2015 (Senin, 7/12/2015). Dari bandara, Dubes Vatikan langsung ke Rumah Jabatan Gubernur NTT untuk kunjungan kehormatan. Setelah itu baru ke keuskupan dan persiapan untuk acara tahbisan imam baru esok harinya, Selasa (8/12/2015), kata Uskup Turang. (mar) Nama Imam Baru yang Akan Ditahbi: 1. RD Januario Gonzaga (Keuskupan Agung Kupang) 2. RD Yeremias S Kewohon (Keuskupan Agung Kupang) 3. RD Longginus Bone (Keuskupan Agung Kupang) 4. RD Yohanes Tnomel (Keuskupan Agung Kupang) 5. RD Yakobus Longa (Keuskupan Agung Kupang) 6. RD Yudokus Kristian Mariman (Keuskupan Agung Kupang) 7. RD Milikhiur Tamelab (Keuskupan Agung Kupang) 8. RP Melkurius Theodorus Abatan, MSsCc (Kongregasi Dua Hati Yesus dan Maria) 9. RP Selestinus Bani, MSsCc (Kongregasi Dua Hati Yesus dan Maria) 10. RP Yohanes Vianey Fialay Akoit, MSsCc (Kongregasi Dua Hati Yesus dan Maria) Sumber : Keuskupan Agung Kupang BERSAMA USKUP -Sepuluh diakon yang akan ditahbis menjadi imam foto bersama Uskup Mgr. Petrus Turang di rumah Keuskupan Agung Kupang, sabtu (5/12/2015). 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang ditemui terpisah di keuskupan, mengatakan imamat adalah anugerah dari Tuhan bagi siapa yang dipilih. Mereka yang dipilih menjadi imam harus memberi pelayanan kasih bagi umat. Oleh karena itu, para imam harus menyadari bahwa tugas pelayanannya ada di dalam gereja.

"Mereka belajar bagaimana kebijaksanaan di keuskupan dan bersama para imam yang lain dalam pelayanan. Mereka terima karunia cuma-cuma jadi harus memberi dengan cuma-cuma. Oleh karena itu, para imam harus bangun persahabaran di kalangan para imam dan kegembiraan bersama masyarakat setempat dimana mereka melakukan pelayanan," kata Uskup Turang.

Para Imam, kata Uskup Turang, hanya mempunyai tugas untuk memberikan dirinya bagi pelayanan hidup iman umat, dan tidak mencari kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Hal ini agar para imam mampu melaksanakan tugas perutusannya. karena itu, mereka harus melakukannya dengan kesetiaan dan penuh ketaatan dalam hubungan dengan Tuhan, bersahabat dengan Yesus Kristus sebagai sumber kekuatan Ilahi untuk pelayanan.

Mengenai pentahbisan sepuluh imam baru, Uskup Petrus Turang mengatakan, kesepuluh diakon tersebut nantinya akan ditahbiskan menjadi imam baru oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi di Taman Ziarah Yesus dan Maria Oebelo-Kabupaten Kupang, Selasa (8/12/2015) pukul 08.30 Wita.

"Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi akan tiba di Kupang dengan Pesawat Garuda tanggal 7 Desember 2015 (Senin, 7/12/2015). Dari bandara, Dubes Vatikan langsung ke Rumah Jabatan Gubernur NTT untuk kunjungan kehormatan. Setelah itu baru ke keuskupan dan persiapan untuk acara tahbisan imam baru esok harinya, Selasa (8/12/2015)," kata Uskup Turang. (mar)

Nama Imam Baru yang Akan Ditahbi:
1. RD Januario Gonzaga (Keuskupan Agung Kupang)
2. RD Yeremias S Kewohon (Keuskupan Agung Kupang)
3. RD Longginus Bone (Keuskupan Agung Kupang)
4. RD Yohanes Tnomel (Keuskupan Agung Kupang)
5. RD Yakobus Longa (Keuskupan Agung Kupang)
6. RD Yudokus Kristian Mariman (Keuskupan Agung Kupang)
7. RD Milikhiur Tamelab (Keuskupan Agung Kupang)
8. RP Melkurius Theodorus Abatan, MSsCc (Kongregasi Dua Hati Yesus dan Maria)
9. RP Selestinus Bani, MSsCc (Kongregasi Dua Hati Yesus dan Maria)
10. RP Yohanes Vianey Fialay Akoit, MSsCc (Kongregasi Dua Hati Yesus dan Maria)
Sumber : Keuskupan Agung Kupang

Penulis: maksi_marho
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved